Pemilu Segera Berakhir, Kapolda NTB Ajak Rajut Kebersamaan

Nana Sudjana (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Rangkaian Pemilihan Umum (Pemilu) yang cukup menguras energi, khususnya di NTB, akhirnya tuntas pada Minggu, 12 Mei 2019.  Polda NTB mengeluarkan maklumat imbauan kepada semua komponen masyarakat tanpa terkecuali, agar kembali merajut kebersamaan. Hasil yang sudah keluar sesuai proses rekapitulasi yang transparan, hendaknya diterima sebagai produk demokratis.

Melalui siara pers diterima Suara NTB, Kapolda NTB Brigjen Pol. Nana Sudjana mengimbau kepada masyarakat  agar kembali merajut persahabatan, persatuan dan kesatuan.

‘’Mari menghindari fitnah, opini dan interpretasi terkait situasi saat ini,’’ ajak Kapolda. Terlebih, saat ini bulan Ramadhan. Sehingga perilaku positif akan menjaga kesucian Ramadhan.

Baca juga:  Polda NTB Musnahkan Bahan Peledak Sisa Perang

Kapolda juga meminta agar semua lapisan masyarakat mendukung hasil kerja KPU sebagai penyelenggara selama rangkaian tahapan. Apapun keputusan terkait hasil Pemilu 2019, disarankan agar diterima dengan baik. Namun ketika ada keberatan, masyarakat bisa menyalurkan secara konstitusional.

‘’Mengharapkan kepada siapapun yang keberatan dengan hasil Pemilu 2019, agar menyampaikan sesuai dengan aturan hukum yang berlaku.  Kemudian mengikuti proses hukum yang tertib,’’  jelasnya.

Baca juga:  Evaluasi Pengamanan Pemilu 2019, KPU akan Naikkan Honorarium KPPS

Masyarakat juga diajak menolak segala upaya politisisasi dan penyalahgunaan untuk kepentingan politik praktis.  Sebab hal ini dinilainya dapat memecah belah persatuan, serta mengganggu upaya-upaya yang inkonstitusional terhadap ideologi Pancasila dan UUD 1945.

Harus disadari sepenuhnya, bahwa negara ini adalah warisan perjuangan yang berdarah- darah.  Oleh sebab itu, ia mengajak untuk menjaga keutuhan bangsa dan negara, serta melawan siapapun yang memecah belah atau pun yang mempelopori makar. (ars)