Polres Mataram Penjarakan 49 Tersangka

Mataram (Suara NTB) – Polres Mataram menuntaskan perburuan target Operasi Jaran 2018. Sebanyak 49 tersangka ditangkap dari total 40 kasus pencurian, perampokan, dan pencurian kendaraan bermotor.

Kapolres Mataram, AKBP Muhammad Selasa, 6 Februari 2018 menerangkan, penangkapan sejumlah tersangka itu dilakukan dalam kurun 14 hari pelaksanaan operasi, yakni mulai 23 Januari sampai 5 Februari.

“Dari sejak awal operasi kami sudah menetapkan empat orang target operasi. Semuanya sudah ditangkap beserta tersangka lainnya,” ujarnya.

Baca juga:  Tangkap Buronan Pencuri, Polisi Temukan Sabu

Dari total 49 tersangka, 29 orang diantaranya ditangkap atas dugaan pencurian, 10 tersangka perampokan dan jambret, serta 10 tersangka curanmor.

Muhammad menyebutkan, empat orang tersangka diantaranya masih di bawah umur. Mereka terjerat kasus pencurian dan curanmor.

“Penangkapan para tersangka hasil pengungkapan Polres Mataram dan Polsek jajaran,” sebutnya. Polres Mataram membawahi Polsek Ampenan, Polsek Mataram, Polsek Cakranegara, Polsek Narmada, Polsek Lingsar, dan Polsek Gunung Sari.

Baca juga:  Mayat Dalam Plastik di Senggigi, Diduga Korban Pembunuhan

Dibandingkan dengan tahun lalu, pengungkapan kasus mengalami peningkatan. Pada tahun 2017, Polres Mataram menangkap 43 tersangka dari total 32 kasus.

“Dinamika di masyarakat juga meningkat sehingga tugas pengungkapan kasus dinaikkan,” sebut dia.

Para pelaku tersebut belum mengarah pada jaringan besar. Tetapi terindikasi memiliki kelompok-kelompok yang bermuara pada satu kawasan.

“Ini jaringan kecil-kecil yang terpisah. Muaranya berasal dari satu daerah di kabupaten tertentu. Ini kita kembangkan lagi untuk penyelidikan kasus lain yang belum terungkap,” kata dia.

Baca juga:  Rampok Modus Pergok Mesum Ditangkap

Menanggapi hasil operasi jaran tersebut, Muhammad mengatakan akan meningkatkan intensitas dan frekuensi patroli pada jam rawan berdasarkan analisis keseluruhan kasus.

“Curat dan curas ataupun curanmor ini lebih banyak terjadi pada malam hari. Tentu kita meningkatkan patroli. Masyarakat bisa memasang cctv atau lebih mengaktifkan ronda malam,” pungkas Kapolres. (why)