Rutan Baru Polda NTB Atasi Overkapasitas

0

Mataram (Suara NTB) – Kapolda NTB, Brigjen Pol Firli meresmikan gedung baru Rumah Tahanan (Rutan) Polda NTB, Selasa, 16 Januari 2018. Aset hibah dari perusahaan tambang di NTB itu dapat menampung hingga 150 tahanan.

“Hari ini kita meresmikan rumah tahanan Polda NTB. cukup besar dan siap menampung tahanan kejahatan narkotika, pidana umum, dan khusus,” jelasnya.

Proyek pembangunan Rutan Polda NTB tersebut menelan anggaran Rp 4,6 miliar. Pembangunan dikerjakan dengan pola multiyears mulai tahun 2015 sampai tahun 2017.

Gedung tiga lantai tersebut kemudian diserahkan kepada Polda NTB dalam bentuk hibah dari PT Amman Mineral Nusa Tenggara.

“Sementara ini kita punya 45 kamar tahanan. Saya kira satu kamar bisa lebih nyaman dihuni empat orang. Jadi sangat cukup. Bahkan tadi sudah bicara dengan kejaksaan kalau ada tahanan dari jaksa bisa dititip di sini,” ujar Firli.

Gedung tiga lantai tersebut dibagi menjadi tiga blok. Dua blok di lantai satu yang terbagi menjadi blok A narkotika dan blok B umum.

Kemudian blok C khusus berada di lantai dua berdampingan dengan ruang staf. Sementara lantai tiga, digunakan sebagai aula dan gudang.

Fasilitas lainnya antara lain, ruang besuk, ruang istirahat, ruang senjata, ruang isolasi, ruang monitor, dan ruang jemur.

Gedung baru Rutan Polda NTB tersebut diharapkan dapat lebih representatif bagi para tahanan serta dengan tingkat keamanan yang tinggi. (why)