Imigrasi Mataram Lengkapi Pelayanan dengan Media Information Center

Advertisement

Mataram (Suara NTB) – Kantor Imigrasi Kelas I Mataram terus meningkatkan pelayanan publiknya. Setelah sukses dengan ruang ramah HAM, kini meluncur lagi ruang khusus media information center.

Kepala Kanwil Kemenkumham NTB, Sevial Akmily meresmikan ruangan yang dilengkapi dengan perangkat komputer itu, Rabu, 18 April 2018.

Turut serta Kadiskominfo Provinsi NTB, Tri Budiprayitno, Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham NTB, Eddy Setiadi, dan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Mataram, Dudi Iskandar.

Sevial menjelaskan, kebutuhan informasi yang tepat dan akurat merupakan hak publik. Dia mendasarkan penyediaan ruang media center tersebut pada UU RI No 14/2008 tentang keterbukaan informasi publik.

“Media massa merupakan rekan dan mitra kerja dalam upaya sosialisasi pelayanan-pelayanan publik khususnya mengenai keimigrasian,” jelasnya.

Sementara Dudi menambahkan, media center tersebut berfungsi sebagai sentral informasi masyarakat. Lebih jauh, dapat pula digunakan sebagai wadah bertukar pikiran dalam upaya perbaikan layanan publik keimigrasian.

“Ini menjadi sentra pelayanan informasi. Dalam praktiknya bisa dijadikan ruang diskusi progres perbaikan pelayanan yang terus kita upayakan,” kata Dudi.

Sentra informasi tersebut juga dapat dimanfaatkan pemohon paspor. Informasi yang tepat dapat menghindarkan pemohon dari jerat percaloan.

“Calo itu masuk karena masyarakat kurang pengetahuannya mengenai mekanisme pelayanannya. Dengan informasi yang benar, maka ternyata pelayanan paspor itu mudah diurus sendiri,” tandasnya. (why)

Disqus Comments Loading...

This website uses cookies.