Palsukan Surat Dispar Lobar, Penipu Palak Pengusaha Senggigi

Advertisement

Mataram (Suara NTB) – Event Festival Senggigi dimanfaatkan pelaku kejahatan untuk memalak pelaku usaha setempat. Pengangguran asal Sayang-sayang, Cakranegara, Mataram, AS alias SN (26) meminta sumbangan ke sejumlah restoran dan kafe dengan suratpalsu.

“Pelaku membuat dan mendesain sendiri surat dengan kop Dinas Pariwisata Lombok Barat untuk menarik sumbangan ke tempat hiburan dan rumah makan,” ungkap Kanit Reskrim Polsek Senggigi, Iptu I Made Dimas Widiantara, Kamis, 25 Januari 2018.

Pelaku AS ditangkap tim Reskrim Polsek Senggigi Rabu, 24 Januari 2018, sekitar pukul 14.00 Wita di Jo Je Beach Bar Senggigi, Batulayar, Lombok Barat. Dia tertangkap basah saat sedang memalak.

Dari hasil interogasi, kata Dimas, ternyata pelaku sudah menjalankan aksinya sejak November 2017. Dugaan sementara, pelaku sudah berkeliling dengan surat palsu Dispar Lobar ke 12 tempat usaha di kawasan Senggigi.

“Dia ini beraksi sejak tahun lalu sekitar Bulan November 2017 dari pengakuannya. Ternyata pelaku melakukan penarikan sumbangan ke 12 lokasi,” sebut Dimas.

Dari keterangan saksi, manajemen Verve Beach Club, Gede Putra Utama, bahwa pelaku pernah mendatanginya dengan modus serupa pada 28 Januari 2017 silam. Kafe Loligo juga menjadi korban pelaku.

Dimas mengungkapkan, setiap kali datang ke sasarannya, pelaku meminta uang sebesar Rp 250 ribu. Surat palsu itu pelaku desain sendiri dan mencetaknya di Gomong, Selaparang, Mataram.

Barang bukti yang disita dari pelaku diantaranya, flashdisik 4 Gb, ponsel, dompet, kartu ATM, berkas proposal dengan kop Dispar Lobar, kuitansi serah terima uang, dan amplop dengan gambar Senggigi Festival.

Pelaku dijerat dengan pasal 263 KUHP tentang pemalsuan surat dan diancam penjara paling lama enam tahun. (why)

Disqus Comments Loading...

This website uses cookies.