Masuk Tahun Politik, Polisi Ancang-ancang Pengamanan

Mataram (Suara NTB) – Polres Mataram mengganti sejumlah perwira. Diantaranya pada jabatan Kasatlantas, Kasatsabhara, dan Kapolsek Ampenan. Dalam sambutannya, Kapolres Mataram, AKBP Muhammad mengingatkan jajarannya tahun 2017 sebagai tahun politik.

Kasatlantas dijabat AKP Suherdi, sementara posisi yang ditinggalkannya Kasatsabhara, diisi AKP Made Astina yang sebelumnya bertugas sebagai Kanit Lantas Polsek Mataram. Kapolsek Ampenan, Kompol Tauhid dilantik menggantikan Kompol Raden Sudjoko Aman yang dipindah ke Polda NTB.

“Perkembangan situasi Kamtibmas saat ini yang merupakan tahun politik, adalah tanggung jawab kita mengawal dan mengamankan jalannya proses demokrasi tersebut,” ujarnya memimpin upacara serah terima jabatan di Mapolres Mataram, Sabtu (9/4).

Tahun 2018 mendatang akan digelar pemilihan kepala daerah, yakni Gubernur dan Wakil Gubernur NTB, Bupati dan Wakil Bupati Lombok Timur, serta Walikota dan Wakil Walikota Bima.

Pilkada serentak itu menuntut kondusivitas yang menjadi tugas kepolisian. “Sangat diperlukan perencanaan, pengorganisasian, dan pengawasan terhadap personel yang akan melaksanakan tugas,” sebutnya.

Sementara untuk pergantian lingkup Polres Mataram itu, Muhammad menegaskan hal itu adalah kebutuhan organisasi semata. Dalam kaitan peningkatan kinerja dan pemantapan karir.

“Untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi tugas. Ini suatu hal yang wajar dan biasa,” sebutnya.

Para pejabat baru itu juga diminta untuk mengedepankan profesionalitas dalam melaksanakan tugas. Penegakkan hukum yang terpercaya, lanjut dia, dapat mewujudkan rasa keadilan bagi masyarakat. (why)