BNN NTB Gelar Rangkaian Sosialisasi P4GN

0

Mataram (Suara NTB) – Sebagai upaya nyata untuk memerangi peredaran narkoba, Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) NTB menggelar serangkaian kegiatan sosialisasi Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

 

Kegiatan itu antara lain digelar dengan melibatkan Kelompok Pengajian Al Salsabila Wisma Sweta Indah Mataram sebagai sasarannya. Kegiatan sosialisasi P4GN ini mengusung tema “Peran Aktif Keluarga dalam Memerangi Narkoba”. Kegiatan sosialisasi ini digelar pada Jumat, 11 Agustus 2017, pkl. 16.00 Wita.

 

Strategi sosialisasi yang dilakukan pun terbilang cukup efektif dengan menggandeng Ta’mir Masjid Al Mujahidin Wisma Sweta Indah. Jumlah peserta pengajian berisi sosialisasi P4GN ini mencapai 160 peserta yang tak lain merupakan para ibu anggota pengajian tersebut.

Melalui kegiatan tersebut, para ibu diberikan sosialisasi menyangkut P4GN oleh narasumber yang merupakan Penyuluh Madya BNNP NTB, Adi Setyo.

 

Tak berhenti sampai di situ, BNNP NTB juga melanjutkan gebrakannya dengan Gelaran Perdana/Launching Interaktif Expo sebagai sarana pelayanan Publik Pemerintah Provinsi NTB dengan tema “PERANGI NARKOBA”. Acara yang berlangsung dengan semarak ini digelar pada hari Minggu, 20 Agustus 2017.

Acara ini dibuka oleh Asisten III Setda Provinsi NTB mewakili Gubernur NTB. Acara dihadiri Kahumas Polda NTB, Kepala BPOM, dan para pimpinan SKPD lingkup Pemprov NTB. Acara tersebut disemarakkan dengan berbagai rangkaian kegiatan. Mulai dari senam sehat, sosialisasi BNNP NTB, serta sarasehan dengan narasumber Polda NTB, BPOM dan BNNP NTB.

 

Saat ini, upaya pencegahan dan penanggulangan peredaran narkoba di masyarakat memang cukpu gencar dilakukan oleh BNNP NTB. Berbagai terobosan dilakukan, mulai dari menggelar tes urine, hingga serangkaian aksi penangkapan pelaku peredaran narkoba.

Kegiatan tes urine juga digelar dengan bersinergi dengan banyak institusi lain. Misalnya, pada Senin, 11 Juli 2017 lalu, sebanyak 70 prajurit TNI Angkatan Udara (AU) yang bertugas di Markas Komando Pangkalan Udara Rembiga, Kota Mataram, menjalani tes urine. Kegiatan ini terlaksana berkat kerja sama dengan BNNP NTB.

“Tes urine ini dilaksanakan secara rutin dan berkala, tetapi untuk waktunya, tentu kami rahasiakan,” ucap Danlanud Rembiga Kolonel Pnb, Dodi Fernando kala itu. Kerena itu, tes urine dilaksanakan secara mendadak tanpa ada pemberitahuan sebelumnya kepada prajurit tni.

Hal semacam ini memang dinilai penting untuk mengantisipasi adanya penyalahgunaan dan peredaran narkoba yang kian merajarela. “Tentunya ini penting dilaksanakan di internal prajurit TNI,” ujarnya.

Terkait dengan kegiatan ini, Kepala BNNP NTB, Brigjen Pol Drs. Sukisto mengapresiasi komitmen TNI AU Lanud Rembiga dalam memerangi narkoba. “Mari kita bersama – sama perangi narkoba di NTB, agar daerah kita terbebas dari peredarannya,” Sukisto. Menurutnya, semangat jajaran TNI AU dalam memerangi peredaran narkoba perlu menjadi contoh bagi lembaga ataupun instansi pemerintah lainnya. (*)