500 Personel Kepolisian Amankan Perayaan Imlek Nasional di Mataram

0

Mataram (suarantb.com) – Sejumlah kegiatan akan memeriahkan perayaan imlek nasional yang berlangsung di Mataram, 9 – 12 Februari 2017. Diantaranya parade budaya nasional, pentas seni, pameran kaligrafi, dan pameran kuliner. Sebanyak 500 personel kepolisian akan diterjunkan mengamankan kegiatan tersebut.

Imlek dengan tajuk Silaturahmi Budaya Nusantara ini akan dipusatkan di Jalan Pejanggik. Sekertaris panitia silaturahmi budaya nusantara 2017, Suryadi Ardhinata menjelaskan acara ini akan dimeriahkan oleh sekitar 20 kontingen kesenian daerah, komunitas etnis, rombongan siswa sekolah. “Ada sekitar 20 kesenian daerah akan menunjukkan kebolehan mereka di acara ini,” kata Ardhinata, Rabu, 8 Februari 2017.

Parade budaya nusantara menjadi puncak perayaan imlek  yang diselenggarakan tanggal 11 Februari 2017, mulai pukul 14.00-17.00 Wita. Dengan mengambil rute mulai dari Bunderan Karang Jangkong hingga perempatan Cakranegara. Pihak panitia sudah berkoordinasi dengan tim keamanan dari kepolisian Resort Mataram karena rute lalu lintas parade budaya nusantara akan ditutup total.

Sementara itu,  Kepala Bagian Operasional Polres Mataram, Kompol Mujahidin menjelaskan akan mengerahkan kurang lebih 500 personil kepolisian dari Polres Mataram dibantu personil Brimob, Lalu Lintas, Sabhara Polda NTB, dan TNI.  Mengantisipasi gangguan keamanan jelang kegiatan multi etnis, Kepolisian Resort Mataram sudah jauh hari melakukan operasi cipta kondisi.

“Jauh-jauh hari kita antisipasi, kami melakukan operasi atau kegiatan kepolisian ditingkatkan cipta kondisi dan melakukan penertiban miras,” jelasnya.

Selama kegiatan berlangsung, kata Mujahidin,  rekayasa lalu lintas akan dilakukan kepolisian dengan mengalihkan rute lalu lintas. Baik dari arah Ampenan menuju Cakranegara dan arah sebaliknya Jalan Panca Usaha, tepatnya di depan dan belakang Mataram Mall. (dea)