TMMD Ke – 98, Membantu Pemerintah Sejahterakan Masyarakat di Daerah

Mataram (suarantb.com) – Program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) dibuka di Kabupaten Bima. Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari program “ABRI Masuk Desa”,  dengan konsep bottom-up planning  yang melibatkan berbagai instansi dan komponen masyarakat, dari tingkat desa sampai tingkat pusat.

Pasukan TNI saat apel pembukaan TMMD ke – 98 di Desa Montong Betok yang dibuka Wakil Bupati Lombok Timur H. Haerul Warisin

Tahun ini merupakan TMMD ke-98, dilaksanakan secara serentak di 61 wilayah Kabupaten dan Kota di seluruh wilayah tanah air. Khusus di jajaran Korem 162/WB di Pulau Lombok dipusatkan pada wilayah Kodim 1615/Lotim. Sedangkan pembukaan TMMD di Pulau Sumbawa dipusatkan di wilayah Kodim 1608/Bima, Rabu, 5 April 2017.

Bertindak selaku irup, Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, dihadiri Danrem 162/WB Kolonel Inf Farid Makruf, M.A., beserta Ketua Persit Koorcab Rem 162, FKPD Kabupaten Bima, Pimpinan BUMN, BUMD, Toga dan Tomas.

Baca juga:  Terkait Polemik Nama Bandara, Danrem Beri Peringatan

Tema TMMD tahun ini “Dengan Semangat Kemanunggalan TNI dan Rakyat Kita Percepat Pembangunan di Daerah Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Dalam Rangka Menjaga Keutuhan Wilayah NKRI”.

Dalam amanatnya, Bupati Bima menyampaikan, selaku kepala daerah dia  menyadari pola kerjasama lintas sektoral dan koordinasi antar pemangku kebijakan, akan lebih efektif dalam mewujudkan tujuan pembangunan daerah.

“Korelasinya dengan upaya kita bersama dalam mengakselerasi tercapainya tujuan pembangunan nasional, yaitu terwujudnya mayarakat adil, makmur, dan sejahtera,” jelasnya.

Dalam konteks inilah menurut Bupati, semua pihak harus dapat memahami dan menangkap pemikiran tentang konsep tugas pokok TNI.

“Dimana salah satunya membantu tugas pemerintahan daerah pada umumnya, serta peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah khususnya,” jelas Bupati.

Selain itu selaku komponen masyarakat, dia berharap harus memahami benar bahwa TNI mewarisi nilai perjuangan masa lalu yang hidupnya tidak lepas dari ruhnya, yaitu rakyat.

Sedangkan pembukaan  TMMD di wilayah Kodim 1615/Lotim bertempat di lapangan Montong Betok, Desa Montong Betok Lombok Timur. Bertindak selaku irup Wakil Bupati Lombok Timur H. Haerul Warisin,  dihadiri oleh Kasrem 162/WB, Letkol Inf. Heri Setiyanto, Satdisjan Rem 162/WB, SKPD Kabupaten Lotim, Toga dan Toma.

Baca juga:  Terkait Polemik Nama Bandara, Danrem Beri Peringatan

Wakil Bupati Lombok Timur yang membacakan amanat Bupati Lombok Timur menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada TNI, khususnya bagi anggota Kodim 1615/Lombok Timur yang dengan ikhlas dan penuh semangat melaksanakan TMMD yang Ke-98 di Lombok Timur.

Lokasi TMMD Kecamatan Montong Gading terpusat di empat desa,  dengan perencanaan mengedepankan kepentingan masyarakat. Dalam konteks kepentingan ekselarasi pembangunan, program TMMD dapat dinilai sebagai suatu terobosan yang efektif, efisien dan mengutamakan pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya alam.

“Ukuran keberhasilan pembangunan adalah makmurnya rakyat, meningkatnya kesejahteraan masyarakat dan memantapkan kemanunggalan TNI dan rakyat,” harapnya. (ars/*)