Polda Dalami Dugaan Penistaan Agama Dalam Kasus ‘Rumah Mengenal Al-Qur’an’

Mataram (suarantb.com) – Pemilik ‘Rumah Mengenal Al-Qur’an’, SA diamankan di Polda NTB, Senin, 30 Januari 2017. Tindakan pengamanan itu menyusul aktivitas SA yang meresahkan masyarakat. Polisi kini mengusut dugaan penistaan agama oleh SA.

Direktur Binmas Polda NTB, Komisaris Besar Polisi (Kombespol) Benny Basir Warmansyah menjadi mediator petemuan tertutup antara MUI dengan Pemilik ‘Rumah Mengenal Al-Qur’an’. Dari hasil pertemuan itu, pihak Binmas Polda NTB tengah mendalami dugaan penistaan agama didasarkan laporan dari MUI.

Dimana dalam keterangan Ketua MUI, Prof. H. Syaiful Muslim bahwa aktivitas SA di ‘Rumah Mengenal Al-Qur’an’ tergolong sesat. Sehingga pihak MUI akan dijadikan saksi ahli.

Baca juga:  Utsawa Dharma Gita (UDG) Ke-XIV Tingkat Provinsi NTB Sukses Digelar

“Kita minta keterangan dulu dari yang bersangkutan. Mungkin nanti kita dalami juga dari saksi ahli Ketua MUI mungkin akan ditunjuk. Nanti ahlinya siapa, kita akan dalami,” ujar Benny.

Motif didirikannya ‘Rumah Mengenal Al-Qur’an’ ini belum bisa diketahui pihaknya. Karena, SA masih dalam pemeriksaan. Termasuk kemungkinan ada pihak

yang mendanai aktivitas SA juga masih diselidiki. Karena sementara ini yang diprioritaskan pihaknya mengamankan SA dari reaksi berlebihan masyarakat.

“Sementara kita amankan dulu di sini yang bersangkutan. Kita tanya dulu, ada motivasi apa, dan sebagainya. Nanti kita interogasi dulu,” katanya.

Baca juga:  Utsawa Dharma Gita (UDG) Ke-XIV Tingkat Provinsi NTB Sukses Digelar

Ditanya, apakah sudah ada laporan dari pihak yang merasa dirugikan dari tindakan SA ini? Menurut Benny pihaknya menunggu laporan resmi dari MUI yang segera menyusul. Tapi pada dasarnya keresahan yang ditimbulkan oleh kegiatan SA tersebut sudah cukup menjadi dasar penyelidikan awal.

“Resmi belum, baru menyerahkan kepada kami. Kami akan mendalami lagi, akan kami interogasi. Masyarakat pun sudah mulai resah juga. Dengan dasar itu kita lakukan pendalaman,” tandasnya.

Pantauan suarantb.com pertemuan membahas aktivitas ‘Rumah Mengenal Al-Qur’an’ berlangsung sekitar pukul 13.30 wita. Direktur Binmas Polda NTB bertindak sebagai mediator dalam pertemuan antara SA dengan MUI. (dea)