Polda NTB Terbitkan Izin Tablig Akbar Habib Rizieq

Habib Rizieq

Mataram (Suara NTB) – Tablig akbar Habib Rizieq mendapat lampu hijau dari aparat kepolisian. Surat pemberitahuan panitia kegiatan dinyatakan lengkap. Tablig yang mengusung tema Spirit 212 itu diperkenankan diadakan.

Wakapolda NTB, Kombes Pol Imam Margono melalui Kabid Humas, AKBP Tri Budi Pangastuti menyatakan, pengurusan izin kegiatan sudah tuntas.

“Sudah keluar (izin),” ujarnya singkat menjawab Suara NTB saat dikonfirmasi via pesan instan, Kamis, 26 Januari 2017.

Izin itu dikeluarkan setelah sejumlah persyaratan dipenuhi panitia. Diantaranya, izin tempat kegiatan, rekomendasi Pemda setempat, dan rekomendasi Polres setempat.

Rizieq direncanakan akan datang ke NTB bersama Ustadz Bachtiar Nasir, Ustadz Zautun Rasmin dan KH Asyafi’i Rasyid. Tablig akbar di Alun-alun Tastura, Praya, Lombok Tengah pada Minggu, 29 Januari 2017 itu juga dirangkai dengan penggalangan dana untuk korban banjir bandang Bima.

Sebelumnya, Kapolda NTB, Brigjen Pol Umar Septono mengingatkan kepada siapapun yang datang ke NTB untuk menjaga kondusivitas. Pada prinsipnya, pengamanan kepolisian sebagai bentuk pelayanan masyarakat.

Soal kegiatan pun, Polda NTB membijaksanai pelaksanaannya. Setiap kegiatan masyarakat akan diberikan izin manakala persyaratan administratif dipenuhi pihak penyelenggara.

Meski demikian, Kapolda mengingatkan, secara khusus kepada Habib Rizieq agar tak menebar kontroversi di tanah Lombok yang saat ini tengah kondusif.

“Siapapun boleh datang ke sini, tapi dengan niat untuk kemaslahatan umat,” tegasnya ditemui di Masjid Baitussalam Mapolda NTB, awal pekan lalu.

“Bukan untuk memanas-manasi, memecah-belah, memfitnah, menjelekkan yang lain, memprovokasi. Nggak boleh itu,” imbuh dia.

“Rizieq hadir, silakan. Tapi jangan gara-gara dia hadir situasi jadi nggak baik. Silakan datang ke NTB. Siapapun ulamanya. Kita sudah sangat arif di sini masyarakatnya,” tandas Umar. (why)