Truk Penyiram Jalan Terjun ke Sungai

Praya (Suara NTB) – Truk penyiram jalan terjun ke sungai di seputaran Pasar Teratak, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah. Tak ada korban jiwa dalam insiden, namun warga berdesakan untuk menyaksikan peristiwa naas itu, Sabtu, 17 Desember 2016 pagi.

Menurut saksi mata, peristiwa itu terjadi pada Jumat, 16 Desember 2016 sore. Truk pengangkut air tersebut melintas dari arah barat menuju timur. Kendaraan roda enam ini terlihat oleng sejak turun dari jurang. Seperti lepas kendali, truk tersebut menyerempet beton pembatas jembatan.

“Sudah oleng dari atas sana, ban belakangnya kena sama beton di pinggir jembatan. Dugaan kami sopirnya mengantuk. Setelah kena sama pembatas,

truknya terpental dan masuk sungai,” tutur Mahyudin, Warga Desa Teratak yang menyaksikan kejadian ketika ditanya Suara NTB.

Dijelaskan bahwa truk yang terjungkal ke sungai itu merupakan kendaraan yang biasa lalu – lalang menyiram Jalan Pariwisata Aik Bukak. Jalan tersebut disiram secara rutin, karena sedang dalam masa pengaspalan. Hingga pertengahan Desember, proses pengaspalan jalan – akses menuju objek pariwisata baik Aik Bukak maupun Benang Stokel – ini belum rampung.

Jika mengacu pada Peraturan Daerah (Perda) Nomor 11 Tahun 2015 tentang APBD 2016, realisasi proyek perbaikan jalan itu harus rampung hingga akhir Desember ini.

Truk berkapasitas kurang lebih 5000 liter air yang terjungkal di dasar sungai itu, langsung dievakuasi menggunakan alat berat. (met)