Jelang Demo 212, Polda NTB Gelar Pasukan

Mataram (suarantb.com) – Polda NTB melakukan gelar pasukan dalam rangka menghadapi giat kontinjensi di wilayah NTB. Gelar pasukan dilaksanakan di Lapangan Gajah Mada Polda NTB, Selasa, 29 November 2016.

Gelar tersebut dilakukan guna keamanan NTB dengan rencana akan dilaksanakan aksi damai di Jakarta menuntut Basuki Tjahja Purnama (Ahok) atas dugaan penistaan agama, pada 2 Desember 2016 atau kerap disebut 212.

Kapolda NTB, Brigjen Pol Drs. Umar Septono SH, MH, mengatakan gelar pasukan sebagai wujud kesiapan menghadapi keadaan yang ada di NTB nantinya. Kepolisian bersama lintas sektoral meliputi TNI, Pemda NTB, dan DPRD NTB akan konsolidasi terkait pengamanan jelang demo 212.

“Ini kan kontijensi kapan saja bisa terjadi. Kalau kita tidak apelkan, tidak akan tahu kesiapan kesatuan dan kerjasama dengan lintas sektoral yang ada,” ujar Kapolda usai melakukan gelar pasukan.

Menurut Kapolda, pengamanan aksi 212 tersebut dilakukan secara maksimal. Terakhir akan menyerahkan semua pada Tuhan.

“Tanggal 2 kan kita selalu berprediksi yang terburuk. Tapi doanya yang terbaik, sehingga kesiapan kita optimal. Terakhir kita serahkan pada Tuhan,” ungkapnya.

Kapolda juga mengimbau agar masyarakat yang terlibat aksi agar menjaga situasi kondusif. Sementara untuk rencana aksi di Mataram, menurut Kapolda hingga saat ini belum ada pemberitahuan maupun laporan. (szr)