Tiga Hari Ditertibkan, Jalan Depan Pasar Kebon Roek Rapi

Mataram (suarantb.com) – Kesemrawutan kendaraan di depan Pasar Kebon Roek Mataram akhirnya mulai tertata dengan rapi. Hal tersebut berkat giat Mapolsek Ampenan dalam menciptakan lalu lintas yang tertib demi kenyamanan masyarakat.

Kapolsek Ampenan, Kompol R. Sudjoko Aman, mengatakan tujuan penataan demi kelancaran arus lalu lintas dan kenyamanan masyarakat yang beraktivitas di Pasar Kebon Roek Mataram.

“Tujuannya, guna ciptakan kelancaran lalu lintas, ketertiban, keteraturan, dan kenyamanan masyarakat. Kenyamanan itu ada dua, yakni keamanan dan kebersihan,” ujar Sudjoko saat ditemui di Mapolsek Ampenan, Jumat 23 September 2016.

Kegiatan tersebut mulai berlangsung sejak Selasa 20 September 2016 hingga saat ini. Penertiban dan penataan di Jalan Adisucipto, Komplek Pasar Kebon Roek Ampenan menyasar pejalan kaki, kendaraan roda dua, cidomo, dan kendaraan roda empat.

“Di samping menindaklanjuti program promotor Kapolri, kami melakukan kegiatan penataan dan penertiban. Anggota kami sekitar

20 personil kami turunkan mulai jam 6 hingga 10 Wita. Hingga sekarang sudah bisa diarealkan lokasi cidomo, roda dua, angkot pedesaan, dan angkot kota,” paparnya.

11 (1)

Suasana Jalan Adisucipto, Komplek Pasar Kebon Roek Ampenan yang tertata rapi pasca penertiban, Jumat 23 September 2016, (suarantb.com/szr)

Tidak hanya kendaraan di sekitar lokasi yang dilakukan penertiban dan penataan, tetapi juga pedagang yang berjualan di luar area pasar di pindahkan di dalam pasar. “Ada denah untuk naik dan turunkan penumpang. Kami juga koordinasi dengan Dinas Perhubungan, pengelola pasar, Disperindag, hingga kelurahan,” pungkasnya.

Selain itu, Kapolsek Ampenan juga telah membentuk organisasi-organisasi angkutan penumpang dan areal-arealnya, sehingga dapat tertata dengan rapi.

“Kami juga bentuk angkutan pedesaan jurusan Tanjung, komunitas ojek dengan tiga titik. Mereka sudah ada koordinator (ketua). Ke depan mau buat organisasi juru parkir, cidomo, dan angkutan kota,” tutupnya. (szr)