Ditlantas Polda NTB Luncurkan Aplikasi SasamboNTB untuk Mengetahui Legalitas Kendaraan

Mataram (suarantb.com) – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda NTB meluncurkan aplikasi berbasis android untuk memudahkan masyarakat dalam mengecek legalitas suatu kendaraan. Aplikasi yang diberi nama “SasamboNTB” kini dapat diunduh melalui Play Store.

Dengan hadirnya aplikasi SasamboNTB, masyarakat dapat dengan mudah mengetahui asal-usul kendaraan yang akan dibeli nantinya. Masyarakat tinggal membuka aplikasi tersebut, dan menemukan aneka menu di dalamnya.

Dirlantas Polda NTB, Kombel Pol Budi Indra Dermawan, dalam acara silaturahmi dengan wartawan, mengatakan aplikasi tersebut memudahkan masyarakat dalam membeli kendaraan bekas nantinya, sehingga asal-usul kendaraan akan dengan mudah diketahui.

“Itu program berbasis ITE untuk memudahkan masyarakat mengenal legalitas kendaraan. Misalnya nanti akan membeli kendaraan,” ujarnya di Ditlantas Polda NTB, Rabu 21 September 2016.

Masyarakat juga tidak perlu khawatir dengan peredaran STNK palsu nantinya. Dengan aplikasi tersebut, data STNK asli dapat ditemui hanya dengan melakukan pengecekan terhadap nomor plat kendaraan pada aplikasi SasamboNTB.

Fungsi lainnya dapat dirasakan masyarakat jika menemukan peristiwa tabrak lari. Masyarakat akan dapat melakukan pengecekan nomor plat kendaraan yang bersangkutan. Sehingga asal usul kendaraan dapat menjadi output masyarakat dalam mengetahui pelaku tabrak lari, sehingga dapat dilaporkan pada pihak berwajib.

“Kita melalui aplikasi SasamboNTB ini, paling tidak bisa memberikan informasi pada masyarakat untuk mengetahui data kendaraan yang legal. SasamboNTB ini bisa diinstal di Play Store. Nanti ada fitur-fitur seperti nomor kendaraan, kepemilikan atau histori kendaraan tersebut.” jelasnya.

Untuk sementara waktu, SasamboNTB hanya menginput data kendaraan pada wilayah Mataram. Ke depannya, akan diinput data kendaraan secara keseluruhan di NTB ini. “Ini untuk sementara Mataram dulu. Nanti dilanjut ke masing-masing Polres. Ada plat nomor berapa silahkan di cek di aplikasi ini,” tutupnya. (szr/*)