Ditahan, GB Sakit Sesak Napas

Mataram (suarantb.com) – Ketua Umum Parfi berinisial GB yang ditahan di Polda NTB akibat membawa narkoba mengalami sesak napas di ruang tahanan. Sehingga Polda NTB berkoordinasi dengan dokter pribadi GB untuk menyediakan obat sesak napas.

Direktur Tahanan dan Barang Bukti (Dir Tahti) Polda NTB, AKBP Deky Subagio mengatakan akan mempersiapkan obat yang dibutuhkan GB untuk menyembuhkan sesak napas yang dideritanya.

“Kondisinya baik-baik saja. Karena dia merasa sesak napas, tetap kita koordinasi dengan tim dokter yang di Jakarta untuk mempersiapkan obat. Karena perawatan kesehatan merupakan hak tahanan,” ujar Deky di ruang kerjanya, Jumat 16 September 2016.

Deky mengatakan prioritas utama kepolisian tetap untuk menjamin kesehatan tahanan. Setiap minggunya, semua tahanan tetap dilakukan pemeriksaan kesehatan untuk mengantisipasi kondisi kesehatan yang buruk terhadap tahanan.

Baca juga:  Gelar Razia, Polisi Temukan Anak Kelas 4 SD Positif Narkoba

“Tiap minggu, dijadwalkan pemeriksaan kesehatan, penyuluhan hukum, dan pembinaan rohani. Tapi pemeriksaan kesehatan bisa insidentil jika tahanan ada apa-apa. Jadi kita antisipasi,” ucapnya.

Sementara Kuasa Hukum GB, Irfan Suriadiata,

SH, MH yang ditemui di Mapolda NTB, mengatakan bahwa kliennya memiliki penyakit sesak napas sejak dulu. Sehingga membutuhkan perawatan yang intensif. “Memang beliau ada penyakit sesak napas dari dulu,” ujar Irfan, dengan didampingi tim kuasa hukum lainnya.

Sementara upaya untuk mengantisipasi memburuknya kesehatan GB, Irfan menuturkan bahwa polisi memiliki tanggungjawab terhadap tahanannya untuk mempersiapkan dokter maupun perawatan kesehatan terhadap GB.

Baca juga:  Pelajar Penyalahguna Narkoba Naik 25 Persen

“Nanti kita lihat. Karena ini haknya dia untuk dirawat dan diobatin. Penyidik tidak mungkin membiarkan kalau lagi sakit. Kalau terjadi apa-apa, penanggungjawab secara fisik dan yuridisnya kan aparat kepolisian yang menahan,” sambungnya.

Irfan juga mengatakan, aspat yang dimiliki GB dibeli saat Umroh beberapa bulan lalu. Aspat tersebut berfungsi untuk menghilangkan rasa sesak napas yang diderita oleh GB, “Itu Aspat kalau dia lagi sesak napas. Saat itu dibeli waktu Umroh. Fungsi obat itu untuk sesak napas, karena obat lain kadang-kadang tidak mempan (menyembuhkan),” jelasnya. (szr)