TGB Minta Lapas di NTB Steril dari Narkoba

Mataram (suarantb.com) – Gubernur NTB, Dr. TGH M. Zainul Madji meminta Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di NTB steril dari peredaran narkoba. Hal tersebut diminta TGB seusai melaksanakan upacara HUT RI ke-71 di Lapas kelas IIA Mataram, Rabu, 17 Agustus 2016.

“Kita saksikan tadi ada blok rehabilitasi, harapan saya, kalau di Lapas lain ada temuan narkoba atau peredaran narkoba, saya berharap dan saya minta jajaran pemasyarakatan di NTB supaya lapas-lapas di NTB steril dari narkoba,” ujar TGB.

TGB juga mengingatkan agar negara tidak boleh kalah dalam perang melawan narkoba. Institusi seperti Lapas harus benar-benar bersih dari peredaran narkoba, mengingat Indonesia saat ini darurat narkoba. Terbukti dengan dilakukannya eksekusi jilid III terhadap bandar-bandar narkoba. Sehingga Lapas yang seharusnya menjadi tempat pembinaan harus betul-betul steril dari peredaran narkoba, baik dilakukan oleh narapidana maupun sipir Lapas sendiri.

“Negara tidak boleh kalah dengan bandar-bandar dan para pelaku penyimpangan hukum seperti itu. Negara harus menegaskan supremasinya dan salah satu bentuk paling nyata adalah di institusi seperti di Lapas ini,” tegasnya.

Diketahui hingga semester pertama atau enam bulan terakhir sejak Januari hingga Juni 2016 Dit Resnarkoba Polda NTB telah mengungkap kasus penyalahgunaan narkoba sebanyak 286 kasus dengan menjaring 341 pelaku. (szr)