Kunjungan ke Lapas Mataram Diprediksi Meningkat

Mataram (suarantb.com) – Jumlah pengunjung di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Mataram diprediksi akan meningkat pada Sabtu (9/7). Hal tersebut dikarenakan dua hari terakhir pascalebaran, pengunjung Lapas Mataram terus berdatangan menjenguk sanak keluarga yang menjadi narapidana.

Kasi Binadik Lapas Mataram,  Muhammad Saleh, saat dikonfirmasi suarantb.com mengatakan dua hari terakhir pascalebaran jumlah kunjungan meningkat. Namun untuk hari Jumat, tidak diperkenankan adanya kunjungan. “Kalau saat ini meningkat. Tapi hari ini nggak  ada kunjungan hari Jumat, ditiadakan. Masak kita kunjungan hari Jumat, kita mau sembahyang hari besar kita,” ujar Saleh di Mataram, Jumat (8/7).

Meski demikian, Saleh tidak berani memastikan jumlah  peningkatan kunjungan ke  Lapas  Mataram Sabtu besok. Tetapi, berdasarkan hasil pantauan dua hari pascalebaran, pengunjung Lapas  terus berdatangan. “Kalau dua hari ini mulai hari lebarannya lumayan (banyak).” tambahnya.

Pihak Lapas Mataram  memberikan waktu kepada sanak keluarga para narapidana untuk berkunjung selama tujuh hari. Kesempatan berkunjung ini akan berakhir pada Rabu (13/7) mendatang. Waktu kunjungan mulai pagi hingga pukul 12.00 Wita. Kemudian dilanjutkan pada pukul 13.00-16.00 Wita.

Terkait dengan tiga narapidana kasus terorisme yang berada di Lapas Mataram, hingga saat ini, kata Saleh belum ada kunjungan dari sanak keluarganya. “Dua hari ini belum ada kunjungan, kalau yang dari Jawa (narapidana teroris asal Lamongan) tidak pernah,” jelasnya. Diketahui, terdakwa teroris asal Lamongan divonis enam tahun penjara. Sementara terdakwa teroris asal Sumbawa dan Bima masing-masing divonis tiga tahun enam bulan penjara.

Sementara itu, dua narapidana yang diberikan remisi bebas langsung asal Gomong masing-masing Nurdin dan Irwan Satriawan telah pulang ke rumahnya. Keduanya diberikan remisi khusus Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah. Keduanya merupakan narapidana kasus pencurian ringan. (szr)