Hujan Sebentar, Ruas Jalan di Mataram Tergenang

Mataram (Suara NTB) – Hujan yang mengguyur Kota Mataram sekitar satu jam, Senin, 6 November 2017 sore, mengakibatkan sejumlah ruas jalan di Kota Mataram tergenang, khususnya di Jalan Lingkar Selatan, Panji Tilar dan Bung Karno. Ketinggian air mencapai lutut orang dewasa. Selain itu, pohon tumbang di Jalan Pendidikan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Mataram, Dedi Supriadi melalui Kepala Bidang Data dan Logistik, I Made Gde Yasa menjelaskan, hujan lebat yang disertai angin kencang mengakibatkan beberapa ruas jalan seperti Bung Karno, Panji Tilar dan Lingkar Selatan tergenang.

Iklan

Genangan air disebabkan oleh tingginya sedimentasi di saluran. “Anggota kami tadi langsung membuka aliran air yang tersumbat,” kata Yasa.

Selain genangan kata dia, ada pohon tumbang di wilayah Gomong. Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD di-back up petugas dari Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman langsung mengevakuasi pohon yang menghalangi jalan. “Sudah dipindah dan sekarang sedang dipangkas,” akunya.

Titik – titik rawan banjir di Kekalik, Batu Ringgit, Pagutan Timur dan lain sebagainya terus dipantau. Volume hujan tidak terlalu besar di hulu sehingga tidak terjadi luapan dari sungai. BPBD terus memantau perkembangan dengan menerjunkan 15 personel.

Mantan Lurah Pagesangan menambahkan, genangan air di beberapa titik berlangsung cepat. Air surut beberapa menit setelah hujan reda. “Tidak sampai satu jam setelah itu surut lagi,” terangnya.

Menurutnya, perlu diantisipasi juga titik rawan genangan. Ia akan berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, agar melakukan normalisasi saluran. (cem)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional