Hujan Lebat, BMKG Ingatkan Ancaman Banjir

Peta analisis sifat hujan di NTB. BMKG mengingatkan waspada potensi bencana banjir dan longsor. (Sumber: BMKG)

Mataram (Suara NTB) – Hujan deras melanda wilayah NTB Senin, 10 Februari 2020 sejak siang hingga petang. Intensitas hujan semakin tinggi memicu sungai meluap di beberapa titik di Bima dan Dompu.

Pantauan Pusdalops BPBD Kota Bima terpantau hujan sejak Pukul 18.34 Wita. Pantauan radar hujan di Wilayah Kota Bima terdapat titik hujan dengan intensitas ringan di bagian Utara, Timur, Selatan dan Barat wilayah Kota Bima.

Iklan

Sementara, di Kabupaten Bima, hujan dengan intensitas lebat di Kecamatan Wawo, menjalar hingga Kecamatan Sape dan Ambalawi. Hujan deras juga tengah melanda Kabupaten Dompu. Wilayah sekitar Gunung Tambora juga dilanda hujan deras, berdampak meningkatnya volume air bah di sungai.

Sementara BMKG Stasiun Klimatologi Lombok Barat menyampaikan peringatan dini potensi cuaca buruk dipicu hujan. Pada dasarian I Februari 2020, curah hujan di NTB umumnya dalam kategori menengah rendah hingga menengah. Namun terdapat pula wilayah yang memiliki curah hujan dengan kategori tinggi. Curah Hujan kategori menengah hingga rendah umumnya terjadi di Pulau Sumbawa khususnya di wilayah Dompu dan Bima.

Sedangkan curah hujan dengan kategori menengah terjadi di wilayah Sumbawa Besar dan Sumbawa Barat serta Pulau Lombok bagian Tengah hingga Selatan. Curah hujan dengan kategori tinggi terjadi di wilayah Lombok bagian Utara dan sebagian kecil wilayah Lombok Timur bagian Utara.

Sifat hujan pada dasarian I Februari 2020 di Pulau Lombok umumnya di atas normal namun terdapat daerah yang memiliki Sifat Hujan Bawah Normal seperti sebagian Lombok Tengah bagian Selatan dan sebagian Lombok Timur bagian Utara. Sifat hujan di Pulau Sumbawa umumnya Normal hingga Atas Normal, namun masih terdapat wilayah yang sifat hujannya Bawah Normal yaitu di sebagian kecil Sumbawa Besar dan juga di sebagian kecil Kota Bima

Menurut Forecaster BMKG Lombok Barat, Afriyas Ulfah, peluang terjadinya hujan pada dasarian II Februari 2020 cukup tinggi, sekitar >20 mm. Hujan dengan intensitas >50 mm/dasarian berpeluang terjadi sebesar 80 -90 persen. Peluang terjadinya curah hujan >100 mm/dasarian cukup tinggi di wilayah Bima sebesar 60 – 70 persen. Sedangkan untuk wilayah lainnya di NTB peluangnya cukup kecil yaitu di bawah 50 persen

Ditambahkan, Forecaster Anas Baihaqi, dalam situasi yang telah memasuki puncak musim hujan di seluruh wilayah NTB, masyarakat dihimbau agar tetap waspada dan berhati – hati terhadap potensi terjadinya cuaca ekstrem.

“Cuaca ekstrim dapat menimbulkan bencana hidrometeorologis seperti hujan lebat, angin kencang, angin puting beliung dan tanah longsor,” ujarnya mengingatkan. (ars)