Hujan Deras, Sejumlah Wilayah di Sumbawa Tergenang

Salah seorang warga tengah melintas di salah satu gang yang tergenang menuju arah pemukiman warga di Jalan Baru

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Sejumlah wilayah dalam kota Sumbawa tergenang akibat hujan deras yang berlangsung dalam dua hari terakhir. Seperti di jalan baru dan beberapa ruas jalan utama dalam kota.

Pantauan Suara NTB, sejumlah titik sepertii di ruas jalan baru, air tak hanya menggenangi jalan, tetapi juga masuk ke gang gang dalam pemukiman warga. Termasuk di belakang Markas Kodim Sumbawa. Air juga menggenangi ruas jalan depan kantor Dinas Dikbud Sumbawa, Blok M Seketeng, belakang pasar Seketeng, Jalan sernu dan lainnya. Begitu pula dengan Simpang Bangkong Karang Dima Labuan Badas.

Iklan

“Dari kemarin, gang kami ini tergenang air. Pokoknya kalau ada hujan besar seperti sekarang ini, pasti tempat kami tergenang,” terang salah satu warga RT 02 Jalan Baru, Sumawati, kepada Suara NTB, Kamis,  17 Januari 2019 sore.

Kepala Pelaksana Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbawa, Drs. Zainal Abidin, menyatakan pihaknya kini tengah memantau sejumlah wilayah yang dianggap rawan banjir. Terutama wilayah bantaran sungai, dari Karang Cemes hingga muara kali Labuan Sumbawa. “Kita memantau ke Moyo Hilir,” terangnya.

Sejauh ini, pihaknya belum mendapat laporan ada pemukiman yang terendam. Namun intensitas hujan yang tinggi bisa saja membuat sejuumlah titik tergenang, seperti di Jalan Baru. “Ya karena intensitas hujan. Setelah selesai (hujan) air akan mengalir,” tukasnya. (arn)