Hujan Deras Beberapa Jam Sisakan Genangan Sampah di Kota Mataram

Mataram (suarantb.com) – Hujan deras mengguyur Kota Mataram selama kurang lebih tiga jam, Selasa 13 September 2016. Hujan tersebut mengakibatkan banyak tumpukan sampah yang terbawa bersama arus air melalui saluran drainase.

Hampir setengah ruas jalan di Jalan Panjitilar, Kekalik Barat, Kota Mataram ditumpuki sampah yang terbawa banjir. Suasana tersebut sering terjadi ketika hujan melanda Kota Mataram. Penyebab tumpukan sampah diduga kuat karena masih banyak warga yang membuang sampah pada saluran-saluran air.

Iklan

Meskipun di jalan tersebut terdapat tempat sampah yang telah disediakan Pemkot Mataram, namun jumlah sampah yang banyak membuat sampah kerapkali berserakan di badan jalan. Ditambah lagi aliran air yang membawa sampah, membuat saluran tersumbat dan mengakibatkan sampah naik di permukaan jalan.

Pantauan suarantb.com di lokasi genangan sampah, merebak aroma busuk  yang dapat mengganggu masyarakat sekitar. Meskipun setiap harinya pasukan kuning selalu rutin mengangkut sampah, namun tempat sampah yang hanya tersedia satu unit memicu banyak sampah yang menumpuk di bahu jalan.

Tumpukan sampah juga berjatuhan di saluran air yang berada di belakang tempat sampah tersebut. Sampah-sampah yang terjatuh terbawa oleh air hingga sampai Lingkungan Batu Dawe, Kelurahan Tanjung Karang. Sampai saat ini, di lokasi sekitar masih kerap menjadi langganan-genangan sampah jika hujan mengguyur Kota Mataram. (szr)