Honda NTB Berikan Tips Merawat Motor yang Jarang Dipakai

Perawatan Motor HONDA di AHASS

Mataram (suarantb.com) – Sejak dikeluarkannya surat edaran oleh pemerintah Kota Mataram mengenai adaptasi kebiasan baru di masa pandemi Covid-19 ini, banyak warga Kota Mataram yang mengurangi aktivitas di luar rumah. Hal tersebut berkaitan juga dengan semakin renggangnya lalu lintas akibat rendahnya mobilitas kendaraan.

Meski mulai jarang digunakan, bukan berarti kendaraan motormu tidak perlu dirawat lho, ya. Setidaknya terdapat beberapa bagian motor yang harus tetap kamu perhatikan kondisinya meskipun motor sedang jarang digunakan.

Iklan

Dikutip dari sumber laman astramotor, buat kamu yang sering beraktivitas dengan menggunakan sepeda motor, tentunya kini aksesmu untuk berkendara kemana saja mulai berkurang. Untuk itu Astra Motor NTB akan memberikan beberapa tips untuk merawat motor yang jarang digunakan agar performanya tetap terjaga.

Diterangkan I Gede Swana Panca Putra, Safety Riding Officer Astra Motor NTB, meski tidak sedang kamu gunakan, ada baiknya kamu selalu memanaskan mesin kendaraan secara rutin.

“Mesin motor yang jarang digunakan berkendara biasanya akan menjadi dingin. Untuk itu, perlu dilakukan pemanasan sebelum kamu benar-benar menggunakannya untuk pergi berkendara. Cara memanaskan mesin sangatlah mudah. Cukup dengan menyalakan motor dan tunggu sekitar 3 sampai 5 menit agar mesin kembali pada suhunya yang normal atau sesuai standar. Hal ini dilakukan untuk memperlancar sirkulasi oli pada mesin motor yang sudah lama tidak digunakan,” terang Swana.

Selanjutnya untuk motor yang sudah lama tak digunakan biasanya akan mengalami kekeringan pada beberapa bagian. Salah satunya adalah rantai motor. Untuk itu, sebelum memutuskan menggunakan motor pastikan kamu sudah mengecek kondisi rantai, rem, dan bagian penting lain yang dapat mempengaruhi kualitasmu dalam berkendara.

Pastikan juga bagi motor matic agar saat sedang diparkir menggunakan standar tengah. Hal ini akan lebih memudahkan dalam melakukan pemanasan terhadap mesin kendaraan secara rutin.

Untuk mencegah kompenen motor yang sudah lama tidak terpakai agar tidak berkarat dikarenakan bekas cipratan air di jalan atau debu yang menumpuk, lakukanlah pencucian terlebih dahulu sebelum motormu disimpan di garasi. Motor yang kotor dan tidak pernah dibersihkan juga dapat menjadi salah satu faktor terjadinya kerusakan pada beberapa komponennya, seperti komponen mesin atau rantai yang berkarat dan risiko lainnya.

“Pastikan untuk perawatan motor Hondamu lakukanlah di AHASS terdekat. Perawatan segala macam keluhan dapat ditangani dengan mekanik yang professional dan tentunya setelah motormu diservis, motormu juga akan dibersihkan. Jadi tak perlu khawatir saat ingin menyimpan motor di garasi dengan waktu yang cukup lama. Temukan AHASS terdekat dengan menggunakan aplikasi Motorku X. Honda berikan kemudahan dan kenyamanan di manapun dan kapan pun,” imbuh Anton Prihatno, Technical Sub.Dept Head. (bul)