HMS Sambangi Masyarakat Desa Terpencil di Kaki Gunung Tambora

Dompu – Jarak yang jauh bukanlah hambatan bagi Anggota DPR RI dari Dapil NTB, H. M. Syafrudin, ST, MM alias HMS, untuk dapat bertemu dengan masyarakatnya. Meski harus menempuh jarak yang jauh dari pusat kota, HMS tetap meluangkan waktu untuk bertemu masyarakat di Desa Karombo, Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu guna menyampaikan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan. Masyarakat desa di kaki Gunung Tambora itu tampak sangat antusias mendapati kunjungan HMS.

Kades Karombo, Syarifudin, menyampaikan rasa terima kasihnya atas kesediaan HMS selaku anggota MPR RI untuk dapat hadir di desanya yang baru dan sedang berkembang selama empat tahun terakhir ini.

Iklan

Salah seorang guru di desa setempat, Bunyamin, juga mengutarakan antusiasmenya akan kehadiran HMS. “Kami bersyukur karena Bapak H. Muhammad Syafrudin karena sudah datang dari Jakarta menuju tempat kami yang paling terpencil di kaki Gunung Tambora,” ujarnya.

Bunyamin merasa bangga memiliki seorang wakil rakyat yang tidak sungkan untuk menemui rakyatnya meski di daerah-daerah yang terpencil seperti desanya. “Kami merasa, pendidikan tentang kegiatan Empat Pilar di desa kami memang perlu dilakukan,” ujarnya. Acara sosialisasi yang digelar Senin, 28 November 2016 ini diikuti oleh peserta dari berbagai desa yang ada di Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu. Hadir pula Danramil Pekat, juga Babinsa serta aparat Kecamatan Pekat.

Bunyamin mengutarakan, saat ini, infastruktur jalan menuju ke desa mereka memang cukup baik. Hanya saja, untuk mencapai desa ini dibutuhkan waktu yang cukup lama, karena letaknya yang cukup jauh, yaitu 150 kilometer dari Kabupaten Dompu. Dengan kondisi itu, ia pun mengaku bersyukur bisa bertemu dan menyampaikan aspirasi warga desanya kepada anggota DPR RI yang mewakili mereka.

  Menpan RB Ungkap Ngototnya Syafrudin Perjuangkan Status Polda NTB

Kepada wartawan, HMS juga mengutarakan perasaan yang sama. “Saya juga bersyukur bisa bertemu dengan masyarakat yang saya wakili. Bagi saya ini sudah merupakan tugas saya selaku anggota DPR RI. Saya telah dipilih untuk mewakili dan memperjuangkan aspirasi mereka. Maka ini akan terus saya lakukan,” tegas politisi PAN ini.

HMS berangkat dari kediamannya di Jakarta sejak subuh. Mengambil penerbangan perdana menuju Bima, NTB. Dari Bandara Sultan Muhammad Salahuddin, Bima, ia kemudian menempuh perjalanan darat yang cukup panjang sebelum akhirnya bisa bertemu dengan ratusan masyarakat melalui kegiatan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan ini.

Di sela kegiatan, HMS juga menyempatkan diri berdialog secara informal dengan masyarakat setempat, menanyakan kondisi masyarakat di daerah tersebut sambil meresapi kebersamaan dengan rakyat yang diwakilinya. Dalam situasi yang informal tersebut, HMS bahkan terlihat hanya mengenakan sarung, dan kaos sederhana yang membuat ia nyaris tak bisa dibedakan dengan masyarakat yang diwakilinya.

Menurut HMS, sosialisasi empat pilar ini perlu terus dilakukan untuk menangkal berbagai ancaman terhadap perilaku berbangsa dan bernegara di Indonesia. Sosialisasi Empat Pilar merupakan kegiatan yang dilakukan untuk memperkuat pemahaman tentang Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, UUD 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dengan demikian, masyarakat di daerah pemilihannya diharapkan akan cukup kuat menghadapi arus perubahan dan berbagai ancaman yang datang dari luar sana. (aan/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here