HMS Ingatkan Pentingnya Membela Keutuhan Bangsa

Taliwang (Suara NTB) – Anggota DPR RI Dapil NTB, H. M. Syafrudin, ST, MM (HMS), mengingatkan pentingnya membela keutuhan bangsa Indonesia dalam situasi dan bentuk apapun, tanpa memandang latar belakang. Menurut HMS, hal ini penting untuk ditanamkan kepada para generasi muda Indonesia saat ini.

Pemikiran inilah yang mendorong HMS untuk terus menggelar berbagai kegiatan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di berbagai daerah di NTB. Jumat, 9 Desember 2016, politisi PAN ini menggelar kegiatan tersebut di desa Sapugara Bre, Kecamatan Brang Rea, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Di lokasi tersebut, ia menyapa ratusan santri Pondok Pesantren Himmatul Ummah, pimpinan KH. Syamsul Ismain.

Melalui kesempatan tersebut, HMS menyerukan kepada para santri di Ponpes tersebut untuk tetap menjaga keutuhan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. “Dengan mempelajari Pancasila, UUD, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI. Itu penting sebagai benteng pemuda ke depan,” ujarnya.

Sebagai anggota MPR RI, HMS menegaskan, tugas untuk membela bangsa dan negara bukanlah hanya tugas seorang santri. Kelak, saat mereka lulus, ilmu yang diperoleh juga tetap harus dimanfaatkan untuk membela dan membangun bangsa dan negara, juga agama.

Saat ini pun, menurutnya, para santri juga memiliki kewajiban untuk berkontribusi menjaga keutuhan bangsa dan negara. “Kita harus berkontribusi terhadap negara dan bangsa, dalam situasi apapun, dalam bentuk apapun, mulai dari kontribusi yang kecil, sampai kontribusi yang besar,” serunya.

Di tempat yang sama, Pimpinan Pondok Pesantren Himmatul Ummah, KH. Syamsul Ismain menyampaikan rasa terima kasihnya kepada HMS yang telah menghadiri kegiatan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Ponpes tersebut.

“Kami berharap kehadiran beliau bisa memberikan motivasi untuk sama-sama berkontribusi membangun Bangsa Indonesia yang besar,” ujarnya. Ia berharap, inspirasi dari sosok dan kesederhanaan HMS bisa memacu santri agar lebih semangat dalam belajar dan memacu diri untuk lebih baik.

“Karena beliau banyak menceritakan hal-hal yang membangkitkan semangat. Bagi kami ini sangat luar biasa. Kami berharap juga ke depan bisa terus berbagi dalam momen yang lain,” ujarnya sembari menambahkan bahwa di kegiatan tersebut, tak kurang dari 250 santri yang ikut terlibat.

Kepala Desa Sapugara Bre Terpilih Andi Subandi mengutarakan, pihaknya berharap HMS sebagai Anggota DPR RI bisa memperjuangkan aspirasi yang telah dihimpuh dari masyarakat di desa tersebut.

Menurut Andi, saat ini desanya memang masih memiliki keterbatasan dari segi fasilitas fisik. Di sektor pendidikan, sejumlah fasilitas pendukung belajar mengajar di desa tersebut juga perlu diperbaiki. Hal inilah yang diharapkan bisa ikut disuarakan HMS kepada pemerintah nantinya.

“Mudah-mudahan ada peranan dari pemerintah yang bisa disuarakan melalui DPR RI. Khususnya lembaga ponpes ini. Ini masih kurang dibandingkan yang ada di kota. Karena beliau ada di Dapil NTB kita berharap beliau bisa menyuarakan di sana,” ujarnya. (aan/*)