HMS Donasikan 50 Persen Gaji dan Tunjangan untuk Bantu Warga Hadapi Covid-19

Potret kedekatan Anggota DPR RI Dapil NTB 1, H. M. Syafrudin, ST, MM alias HMS (dua dari kanan) dengan rakyat yang diwakilinya. (Suara NTB/ist/Dok HMS

Kota Bima (Suara NTB) – Anggota DPR RI dari Dapil NTB 1, H. M. Syafrudin, ST, MM, yang akrab disapa HMS, mendonasikan 50 persen gaji dan tunjangan yang diperolehnya sebagai Anggota DPR RI, demi mengadvokasi warga menghadapi covid 19 di Pulau Sumbawa. Tak tanggung-tanggung, aksi kemanusiaan ini akan ia lakukan terus hingga wabah ini selesai.

“Ini merupakan kewajiban saya sebagai wakil rakyat. Saya sadar apa yang saya terima ini semua dari rakyat. Sudah sepantasnya, saat rakyat kesulitan dan membutuhkan dukungan, saya ikut membantu meringankan beban mereka,” ujar politisi PAN ini, Kamis, 2 April 2020.

Iklan
Anggota DPR RI Dapil NTB 1, H. M. Syafrudin, ST, MM alias HMS sangat rajin menyambangi rakyat yang diwakilinya, dari semua kalangan. Termasuk para nelayan seperti tampak dalam foto. (Suara NTB/ist/Dok HMS)

HMS merupakan politisi PAN yang telah tiga periode menjabat sebagai wakil rakyat NTB. Periode pertama dan kedua ia jalani saat NTB masih menjadi satu Daerah Pemilihan (Dapil). Pada Pemilu 2019 lalu, Provinsi NTB terbagi menjadi dua Dapil. NTB 1 di Pulau Sumbawa dan NTB 2 di Pulau Lombok. Dapil NTB 1 bisa dibilang merupakan “Dapil Neraka” karena hanya tersedia 3 kursi untuk kontestan yang banyak. HMS maju dari Dapil NTB 1, dan sukses terpilih untuk kali ketiga.

Kesuksesan HMS bukan tanpa alasan. Ia dikenal sebagai wakil rakyat yang sangat rajin turun dan menyambangi rakyat yang diwakilinya. Selama masa jabatannya, HMS secara konsisten mendatangi seluruh desa dan kelurahan di NTB.

Ketika ia menjabat Anggota DPR RI mewakili warga Pulau Sumbawa, agenda ini ia teruskan. Semua dilakukan nyaris tanpa formalitas. Bahkan, terkadang aksi spontanitasnya mengejutkan warga yang ia datangi. Ia juga identik dengan penampilan sederhana, bersandal jepit dan bersarung saat membaur dengan warga.

Di tengah ancaman wabah Covid-19 yang meneror warga, HMS pun ikut ambil bagian. Baru-baru ini, ia ikut berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Bima dan berbagai pemangku kepentingan dalam agenda penyemprotan disinfektan untuk warga di Kota Bima.

Untuk memerangi penyebaran Covid-19, dan mengadvokasi warga yang membutuhkan, HMS kini akan mendonasikan separuh gaji dan penghasilannya.

Penelusuran SUARA NTB, besaran gaji dan tunjangan seorang anggota DPR RI mencapai Rp56 juta/bulan. Separuh dari angka itu akan ia donasikan setiap bulannya. Saat dikonfirmasi terkait data ini, HMS yang identik dengan program sumbangan kursi di setiap kantor desa/kelurahan se-NTB, tak menampiknya.

“Jangan dilihat nilainya. Selain sisi material. Yang terpenting justru, tindakan ini akan memberikan suntikan moral kepada warga yang saat ini sangat tertekan secara psikologis,” ujar HMS.

HMS menyadari bahwa masa penyebaran wabah ini diikuti dengan munculnya rasa takut, pesimisme dan kepanikan warga. Ekonomi yang anjlok, diikuti dengan berbagai ketidakpastian, akan membuat rakyat berada dalam situasi psikologis yang tidak menyenangkan.

Saat inilah, ujar HMS, rakyat membutuhkan kebersamaan, terutama kehadiran pemimpin dan wakil rakyatnya di tengah-tengah mereka. Menghadapi situasi ini, HMS juga menyerukan warga untuk terus memelihara optimisme.

“Jangan takut, jangan panik, jangan kehilangan harapan. Pemerintah dan semua pemangku kepentingan, mari kita berbuat maksimal untuk menghadapi perang ini. Sembari berdoa kepada Allah SWT, insya Allah, masa sulit ini akan kita lewati,” tegasnya. (r/aan/*)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional