Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah Dikukuhkan Menjadi Bunda Literasi Provinsi NTB

Bunda Literasi NTB Hj Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah

Hj Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah dikukuhkan sebagai Bunda Literasi NTB. Pengukuhan dilakukan Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando di Graha Bhakti Praja, kantor Gubernur NTB, Rabu, 25 Agustus 2021.

Bunda Literasi NTB Hj Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah mengatakan, penting bagi keluarga menyediakan waktu 30 menit setiap hari untuk membaca bersama anak di rumah. “Keluarga adalah wadah membuka wawasan. Sebagai tempat belajar yang pertama dan utama, menumbuhkan budaya baca harus dimulai sejak dini,” ujar Bunda Niken.
Budaya baca harus timbul dari diri sendiri. Itu sebabnya minat baca dilakukan dengan aktifitas yang menumbuhkan keinginan yang nantinya akan menjadi kebiasaan.
“Menggunakan strategi berbasis keluarga sejalan dengan program ketahanan keluarga TP PKK di sektor pendidikan,” pungkasnya.

Iklan

Gerakan Literasi Berbasis Keluarga merupakan salah satu upaya untuk menaikan indeks literasi Masyarakat. Berbagai upaya yang dapat dilakukan oleh orang untuk menumbuhkan budaya baca pada anak sejak usia dini pada anak antara lain: Orang tua harus senantiasa membiasakan anak-anak dirumah menjadikan buku sebagai teman bermain, Menyediakan sarana dan prasarana berupa pojok baca yang dilengkapi dengan APE, Menyediakan waktu khusus minimal 30 menit per hari untuk membaca buku bersama dengan anak-anak, Serta membiasakan anak-anak untuk mengunjungi perpustakaan atau toko buku secara berkala.

Kegiatan membaca buku dengan Ayah, Bunda dan keluarga terdekat dengan anak, secara psikologis akan memberikan kebahagiaan bagi anak, serta membantu anak berkembang lebih optimal dari sisi kognitif, sosial emosional, bahasa dan juga Moral. Bunda Niken Mengungkapkan “Saya mengajak para orang tua Hebat di NTB, untuk ikut serta mensukseskan program Gerakan Literasi Berbasis Keluaraga untuk menciptakan generasi emas yang gemilang di masa mendatang” ungkapnya. (r)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional