Hiswana Migas Serahkan Bangunan Serbaguna Percontohan untuk Korban Gempa Lombok

Eri Purnomo secara simbolis menyerahkan bangunan serba guna keada perwakilan masyarakat Desa Taman Sari.

Giri Menang (Suara NTB) – Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas) secara resmi menyerahkan bantuan bangunan serbaguna kepada masyarakat terdampak gempa di Lombok, di Dusun Medas Barat Kokoq Desa Taman Sari Kecamatan Gunung Sari Lombok Barat.

Bangunan dengan konstruksi dominan baja ringan, besi ini dipastikan tahan guncangan gempa dan tahan dengan usia paling pendek 10 tahun.

Iklan

Diserahkan secara simbolis oleh Ketua DPP Hiswana Migas, Eri Purnomo Adi, di dampingi Ketua DPD V, sekaligus Ketua Tim Peduli Gempa Lombok, M. Rahmadi Muhammadiyah, dan Ketua Hiswana Migas Provinsi NTB, I Komang Mahendra Gandhi.

Penyerahan bantuan fisik untuk para korban gempa ini disambut suka cita oleh masyarakat setempat. Bagi mereka, inilah bantuan yang sangat mereka butuhkan di tengah banyaknya rumah tinggal yang rusak serta sarana dan prasarana lain akibat gempa.

I Komang Gandhi dalam kesempatan ini menyampaikan, pengusaha Migas turut ambil bagian dan untuk meringankan duka para korban gempa. Harapannya agar bangunan serba guna di pelihara dan dimanfaatkan sebaik baiknya.

Eri Purnomo menegaskan, seluruh pengusaha SPBU dan SPBE yang menjadi anggota Hiswana Migas turut menyampaikan rasa empati dengan mengumpulkan donasi. Total donasi terkumpul sebesar Rp1,5 miliar.

“Pengusaha minyak dan gas dari sabang sampai merauke  ada 8 DPD dan 65  cabang turut mengulurkan tangannya untuk Lombok,” jelas Eri.

Bangunan serba guna ini hajatannya dapat dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan sosial dan keagamaan.

Bangunan serba guna ini menurutnya difasilitasi dari anggaran yang terkumpul dari masing masing donatur di dalamnya terdapat pengusaha SPBE, SPBU, kontraktor angkutan, agen pelumas yang disetorkan ke organisasi untuk selanjutnya dikelola dan disalurkan melalui DPD dan DPC.

“Silahkan digunakan oleh semua komunitas, agama dengan sebaik – baiknya. ini bentuk kesungguhan dan kekompakan anggota hiswana migas menyisihkan sebagaian keubtungan kepada yang berhak menerimanya,” imbuhnya.

bangunan serba guna yang diserahkan Rabu,  5 Desember 2018 dijadikan sebagai model untuk dibangunkan bangunan yang sama di tempat lain, di titik titik yang terdampak parah gempa di Lombok.

Bantuan diberikan dalam bentuk bangunan serba guna dengan harapan tetap ada di masyarakat, tak habis di konsumsi dan memberi manfaat besar bagi masyarakat.

Bantuan bangunan di Dusun Medas GunungSari didirikan diatas tabah wakaf. Demikian juga rencana pembangunan di tempat tempat lainnya. Menurut Rahmat seluruh dana yang terkumpul seluruhnya sebesar Rp 1,5 miliar dialokasikan untuk bantuan kepada keluarga dan operator operator SPBU dan SPBE yang terdampak gempa. Sebagian juga dialokasikan untuk membangun gedung serba guna. rencananya, hingga 2019 mendatang seluruh bantuan telah terdistribusi sesuai yang diprogramkan.

“2019 mendatang sudah kita bangun gedung yang sama di tempat tempat lain. Berapa yang akan dibangun, sesuai kebutuhan di masing masing titik,” ujarnya.

Untuk informasi, satu bangunan serba guna dari Hiswana Migas nilainiya bisa mencapai Rp200 juta. (bul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here