Hingga Triwulan Ketiga, Realisasi Investasi di NTB Rp9 Triliun

H. Mohammad Rum (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Pemprov NTB melalui Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) mencatat realisasi investasi di daerah ini hingga triwulan III 2020 sebesar Rp9 triliun. Pada triwulan III 2020 saja, realisasi investasi di NTB mencapai Rp4,2 triliun.

‘’Realisasinya triwulan III melampaui tahun sebelumnya. Kalau tahun sebelumnya di triwulan III itu Rp3 triliun. Sekarang sudah Rp4,2 triliun,’’ sebut Kepala DPMPTSP NTB, Ir. H.Mohammad Rum, M.T., dikonfirmasi Suara NTB, Kamis, 15 Oktober 2020.

Iklan

Pada triwulan I 2020, realisasi investasi di NTB sebesar Rp2,1 triliun. Sedangkan pada triwulan II 2020 sebesar Rp2,7 triliun. Sedangkan pada triwulan III 2020, realisasi investasi di NTB tercatat sebesar Rp4,2 triliun. Sehingga, total realisasi investasi di NTB, dari triwulan I hingga triwulan III sebesar Rp9 triliun.

Rum mengatakan, realisasi investasi pada triwulan III 2020 mayoritas di sektor ketenagalistrikan, pertambangan dan perhubungan. Rum menyebut, realisasi investasi di NTB bisa lebih besar lagi. Karena sejak Januari hingga saat ini, Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) sebagai pengelola KEK Mandalika belum pernah menyampaikan Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM).

‘’Seandainya ITDC melaporkan maka melampaui. Sejak tahun ini ITDC belum melaporkan LKPM tahun 2020. Kalau ITDC melaporkan maka besar realisasi investasi di NTB,’’ ucapnya.

Rum mengatakan, DPMPTSP NTB sudah menyurati ITDC kaitan dengan ketidakpatuhan dalam melaporkan LKPM ini. Bahkan, pihaknya sudah mendatangi ITDC ke lapangan.’’Teman-teman juga sudah ke lokasi. Kita tak tahu apa masalahnya. Kita sudah dijanjikan,’’ tandasnya. (nas)