Hindari Siswa dari Penyalahgunaan Obat-obatan, Ini yang Harus Dilakukan Guru

Mataram (suarantb.com) –  Fenomena penyalahgunaan obat keras seperti tramadol di beberapa wilayah di NTB sangat memprihatinkan. Apalagi penggunanya tergolong anak usia sekolah. Karena itu guru harus menjadi contoh dalam pembentukan karakter siswa di sekolah dalam menangkal upaya siswa dalam penyalahgunaan obat keras.

Demikian disampaikan Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) NTB, Drs. H. Ali H. Arahim, M.Pd., dikonfirmasi Selasa,  1 Agustus 2017.  Menurutnya generasi muda saat ini menjadi cermin bangsa ke depan. “Oleh karena itu peran guru untuk mengembangkan pendidikan karakter di sekolah,” katanya.

Iklan

Menurutnya,  guru harus menjadi teladan di sekolah. Salah satu teladan yang harus diperhatikan oleh guru, yaitu tata cara berpakaian, berkomunikasi, dan bersikap di sekolah. Itulah yang menjadi pesan bagi para siswa.

Dicontohkannya, ketika awal datang ke sekolah, guru harus lebih dulu datang dibandingkan siswa. Dengan begitu, guru bisa lebih awal menyapa siswa-siswanya. Sikap-sikap yang baik itu nantinya akan dapat ditiru oleh para siswa. “Ini adalah nyata dari pembentukan karakter di sekolah, penguatan pendidikan karakter di sekolah,” ujarnya.

Selain itu, Ali mengutarakan tak kalah pentingnya harus diperkuat juga dengan kearifan lokal. Terutama dimulai dari lingkungan keluarga. Dalam hal ini dari orang tua kepada anak-anaknya membentuk akhlak, iman, dan taqwa. “Itu fungsinya orang tua. Kalau ilmu  agama itu sudah tertanam di diri anak-anak kita, kata kunci dari kehidupan iman dan taqwa, harus tertanam di keluarga,” jelasnya.

Sementara pihak sekolah hanya mengembangkan sesuatu yang sudah dibentuk oleh orang tua siswa. Terutama kebiasaan-kebiasaan setiap harinya. Diharapkan,  orang tua harus bisa lebih banyak bersama anak-anaknya. “Kita harapkan itu, orang tua harus lebih banyak dengan anak-anaknya di rumah,” katanya.

Ali mengatakan, anak-anak saat ini, 20 sampai 30 tahun mendatang akan menjadi penerus bangsa. Diharapkan mereka terhindar dari masalah negatif seperti penyalahgunaan obat-obatan. Karena mereka yang akan menjadi penopang bangsa ini. (ron)

Advertisement ucapan idul fitri ucapan idul fitri ucapan idul fitri Jasa Pembuatan Website Profesional