Hikmah Pandemi, NTB Diminta Kembangkan Teknologi

H. Ridwan Kamil. (ant/bali post)

Mataram (Suara NTB) – Pandemi Covid-19 semakin memicu tingginya kebutuhan manusia terhadap teknologi. Terutama, teknologi yang membuat manusia semakin terkoneksi. Hal itu disampaikan Gubernur Jawa Barat, M. Ridwan Kamil, saat berkunjung ke NTB, Kamis, 17 Desember 2020.

“Sekarang meeting pakai zoom,” ujarnya. Untuk beradaptasi dengan tren ini, Ridwan Kamil menegaskan, Provinsi Jawa Barat telah berkomitmen untuk memastikan 5000 desa di daerah tersebut harus memiliki akses wifi gratis.

Selain itu, ada pula sejumlah budaya yang lahir karena dipicu pandemi. Salah satunya adalah kesadaran akankesehatan pribadi dan lingkungan yang makin meningkat. Selain itu, penggunaan teknologi digital juga semaikin tinggi, dimana, diperkirakan ekonomi digital naik hingga 40 persen selama pandemi.

“Dulu kerja, belajar, rekreasi di tiga tempat. Sekarang di satu tempat,” tegasnya. Karena itulah, Ridwan Kamil menegaskan bahwa kebijakan Pemprov NTB yang mendorong peningkatan dalam penguasaan teknologi sudah tepat. “Saya semangati Pak Gubernur NTB, sudah betul, fokus melompat, jangan kagok (dengan teknologi). Hubungan membangun kita tidak hanya lokal, tapi juga internasional,” pungkasnya. (aan)