Hidupkan Bela-Beli di Masa Pandemi

Lalu Satriawandi. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Pandemi Covid-19 melahirkan banyak problematika di berbagai sektor penopang ekonomi. Usaha Mikro Kecil dan Menengah menjadi salah satu yang merasakan imbas melemahnya ekonomi akibat Covid-19. Untuk itulah, dirasa perlu mendorong gerakan bela-beli produk UMKM NTB untuk menambah kekuatan mereka di masa resesi ini.

Hal itu disampaikan Anggota DPRD NTB, Lalu Satriawandi, dalam rapat paripurna di DPRD NTB, Selasa, 24 November 2020. “Semangat untuk beli dan bela produk lokal menjadi penting didorong eksekutif sehingga produk UMKM laku di pasaran dan UMKM dapat survive di masa resesi saat ini,” ujar Satriawandi.

Ia menambahkan, peningkatan nilai tambah ekonomi perlu terus didorong, khususnya terkait produk industri baru yang dicanangkan Pemprov NTB perlu disusun kerangka strategi pengembangan dengan cermat. Dengan demikian, industri yang dihajatkan dapat berkelanjutan. “Perencanaan seyogyanya berangkat dari ketersediaan dan efisiensi bahan baku, pesaing, pasar dan aspek purna jualnya,” imbuhnya.

Menurutnya, untuk pengembangan UMKM, diperlukan langkah strategis untuk menjadikan-nya naik kelas. “UMKM perlu didorong melakukan subtitusi impor atau upaya menggantikan produk luar yang digunakan konsumen di daerah. Dengan begitu kapasitas ekonomi UMKM diharapkan meningkat,” pungkasnya. (aan)