Hendak ke Yogyakarta, Wakil Bupati Terkonfirmasi Positif Covid-19

Wakil Bupati Dompu, Arifuddin.(Suara NTB//ist/hms polres Dompu)

Dompu (Suara NTB) – Wakil Bupati Dompu, Arifuddin, SH., terkonfirmasi positif Covid-19 sesuai hasil tes usap atau swab RSU Dompu, Sabtu, 17 Oktober 2020. Tes swab ini dilakukan menyusul hasil tes cepat atau rapid test Wakil Bupati di Puskesmas Dompu Kota menunjukan hasil reaktif. Rapid tes itu dilakukan untuk kepentingan menghadiri acara di Yogyakarta.

“Jadi ceritanya, dia kan harus ke Jogja ada acara pemerintah. Jadi syaratnya di sana itu, harus ada bukti rapid test bahwa dia non reaktif. Sehingga pukul 11.30 Wita pada Sabtu, 17 Oktober 2020, dia rapid rest di Puskesmas Kota dengan hasil reaktif. Sehingga pukul 13.00 dilakukan Swab di rumah sakit (RS) dan keluar hasilnya pukul 15.00 yang menyatakan beliau itu positif,” kata Sekretaris tim gugus tugas Covid-19 Kabupaten Dompu, Jufri, ST., MSI., kepada Suara NTB, Minggu, 18 Oktober 2020.

Iklan
Wakil Bupati Dompu, Arifuddin (empat dari kanan belakang) saat foto bersama pada acara deklarasi kampanye Sehat dalam rangka menciptakan keamanan selama kampanye Pilkada Bupati/wakil Bupati Dompu dan bebas Covid-19 di Mapolres Dompu, Sabtu, 17 Oktober 2020 pagi.

Pasca dikonfirmasi positif Covid-19, kata Jufri, wakil Bupati langsung melakukan isolasi mandiri di bawah pengawasan tim medis Dinas Kesehatan Dompu. Tim Covid-19 juga langsung melakukan traking kontak. “Lagi dilacak oleh tim Dinas Kesehatan (sumber kontaminasi virus Covid), tapi dia masuk kategori orang tanpa gejala – OTG,” kata Jufri.

Sebelum melakukan rapid tes dan di-swab, Wakil Bupati Dompu sempat menghadiri beberapa kegiatan pada Sabtu, 17 Oktober 2020 pagi. Di antaranya menghadiri acara Deklarasi Kampanye Sehat dalam rangka menciptakan keamanan selama kampanye Pilkada Bupati/wakil Bupati Dompu dan bebas Covid-19 di Mapolres Dompu. Setelah itu, Arifuddin yang juga Plh. Bupati Dompu ini menghadiri penilaian lomba kampung sehat tingkat Provinsi NTB di kelurahan Dorotangga Dompu.

Pada Jumat, 16 Oktober 2020 pagi, Arifuddin juga memimpin kegiatan gotong royong pembersihan kompleks pasar bawah dan pasar atas Dompu. Kegiatan itu juga dirangkaikan dengan pembagian masker bagi pedagang, serta meninjau persiapan penilaian lomba kampung sehat di kelurahan Dorotangga Dompu dan Desa Dorebara Kecamatan Woja.

Dengan positifnya Wakil Bupati Dompu menambah deretan pejabat di Dompu yang terkonfirmasi positif Covid-19. Sebelumnya, Bupati Dompu, Drs. H. Bambang M. Yasin pada Sabtu, 10 Oktober 2020 lalu dinyatakan positif Corona dan langsung dirujuk ke RSUP NTB untuk mendapatkan perawatan intensif. Kini kondisinya terus membaik setelah dilakukan penanganan khusus dari tim medis RSUP NTB. (ula)