Hendak Dikirim ke Mataram, Bibit Lobster Selundupan Diamankan di Poto Tano

Sumbawa (suarantb.com) – Anggota Polsek Poto Tano Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) mengamankan sepuluh kantong plastik bibit lobster yang hendak diselundupkan ke Mataram, Rabu, 21 September 2016. Sepuluh plastik bibit lobster dibawa dari Kecamatan Lunyuk, KSB menggunakan bus Damri.

Informasi yang didapatkan dari Humas Polda NTB, diamankan sopir bus dengan inisial KS (35) dan kernetnya berinisial HR (38). Keduanya hingga kini diamankan di Polsek KP3 Poto Tano guna penyidikan lebih lanjut.

Iklan

Pengamanan tersebut berkat informasi adanya upaya penyelundupan bibit lobster. Sementara kernet bus tersebut, tidak mengetahui identitas pengirim bibit lobster tersebut.

Ia hanya diminta untuk mengirimkan paket tersebut menuju Lombok. Penerima barang tersebut berencana akan mengambilnya di terminal Damri Mataram.

Adapun barang bukti yang berhasil diamankan petugas kepolisian, yakni, lima kantong plastik ukuran besar dan lima kantong plastik ukuran kecil. Dalam satu kantong plastik berisikan 430 ekor lobster yang berumur sekitar dua mingguan. Total jumlah bibit lobster sebanyak 4.300 ekor.

Hingga saat ini bibit lobster tersebut diamankan Kantor Karantina Ikan Kecamatan Poto Tano. Kejadian ini menambah panjang daftar kasus penyelundupan satwa laut di NTB. Sebelumnya, dua kasus upaya penyelundupan terumbu karang terjadi di Pelabuhan Lembar, Lombok Barat. (szr)