Sirkuit Mandalika Segera Diaspal

Ilustrasi Pengaspalan Sirkuit MotoGP (flickr.com)

Mataram (Suara NTB) – Pengerjaan Mandalika International Street Circuit memasuki fase terpentingnya. Mengawali 2020, pihak Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) selaku pengembang Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika akan memulai proses pengaspalan.

VP Corporate Secretary ITDC, Miranti N. Rendranti, menerangkan bahwa proses pengaspalan tersebut merupakan salah satu bagian penting dari pembangunan lintasan sirkuit. Dimana pengaspalan menerapkan standar kualitas dan standar keamanan sesuai dengan yang ditetapkan Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM).

Baca juga:  Diluncurkan, ‘’Calendar of Event’’ Lombok-Sumbawa 2020 Andalkan MotoGP

“Sebagai informasi resmi dari perusahaan, sesuai dengan linimasa yang telah ditargetkan, pengaspalan akan dimulai pada bulan Januari 2020,” ujar Miranti ketika dikonfirmasi, Rabu, 15 Januari 2020. Proses pengaspalan sendiri diperkirakan membutuhkan waktu hingga satu tahun, sehingga diproyeksikan selesai pada akhir 2020 mendatang.

Diterangkan Miranti pengaspalan lintasan sirkuit memerlukan kehati-hatian dan perencanaan yang matang. Mengingat lintasan tersebut akan memfasilitasi gelaran MotoGP pertama di Indonesia. “Sebagai awal dari proses ini, pada tanggal 9-10 Januari lalu dilaksanakan rapat teknis Detail Engineering Design (DED) di Kantor ITDC di The Mandalika,” ujarnya.

Baca juga:  Dari Tenaga Teknis hingga Koordinator Balapan, MGPA Siapkan Rekrutmen Naker MotoGP

Dalam rapat tersebut hadir Direktur Konstruksi dan Operasi dan jajaran ITDC, Manajemen Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Tim Waskita Karya dan WIKA selaku penanggung jawab pengerjaan pengaspalan. Selain itu, hadir juga para Konsultan yang membantu ITDC dalam pembangunan Sirkuit Mandalika, diantaranya MRK-1 Consulting dan Road Grip yang menghadirkan Asphalt Specialist.

Baca juga:  Gubernur dan Sekda Jamin Infrastruktur MotoGP Tuntas Tepat Waktu

Dalam pertemuan tersebut dibahas antara lain hal-hal teknis serta target dan rencana kerja penyelesaian sirkuit. Termasuk mengenai metode pengaspalan permukaan sirkuit, juga teknis dan metode pengujian sirkuit. Selain itu, dibahas juga teknis dan cakupan pengerjaan paddock area untuk, drainase, dan konsep mitigasi bencana alam. (bay)