Geopark Satun Thailand Tuan Rumah APGN 2021

Wagub NTB, Hj.Sitti Rohmi Djalilah menyerahkan bendera APGN kepada utusan Thailand menandai digelarnya APGN ke 7 tahun 2021 di Geopark Satun Thailand. (Suara NTB/diskominfotik)

Mataram (Suara NTB)Asia Pacific Geoparks Network (APGN) ke 7 yang digelar tahun 2012 mendatang, akan dilaksanakan di Geopark Satun Thailand. Keputusan itu ditandai oleh penyerahan bendera APGN oleh Wakil Gubernur (Wagub) NTB, Dr.Hj.Sitti Rohmi Djalilah kepada utusan Thailand dalam sebuah acara gala dinner di Taman Narmada, Lombok Barat, Kamis, 5 September 2019 malam.

Wagub dalam kesempatan itu, mengucapkan terima kasih kepada komite Jaringan Geopark Asia Pasifik ke-6 untuk kegiatan luar biasa yang telah mereka lakukan termasuk memilih Taman Narmada sebagai kegiatan gala dinner.

‘’Taman ini merupakan replika dari Gunung Rinjani. Setiap bagian taman telah dibangun dan ditata dengan sempurna berdasarkan lanskap Gunung Rinjani,’’ ujar Wagub dalam sambutannya. Taman Narmada katanya, dibangun pada tahun 1727 oleh Raja Anak Agung Ngurah Karangasem. Pada saat itu, raja terlalu tua untuk melakukan ritual pengorbanannya di Gunung Rinjani. Sehingga ia memerintahkan semua arsitek kerajaan untuk membawa nuansa Gunung Rinjani ke Taman Narmada. ‘’Taman ini juga terkenal dengan mata air alami yang membuat semua orang yang meminumnya awet muda,’’ ujar Umi Rohmi.

Baca juga:  Empat Jalur Pendakian Rinjani Dibuka

Sebagai perwakilan masyarakat NTB, Wagub menyampaikan penghargaan atas dipilihnya NTB sebagai tuan rumah APGN tahun ini. Provinsi NTB katanya, terdiri dari hampir 300 pulau yang tersebar di provinsi ini dengan dua pulau besar utama yang disebut Lombok dan Sumbawa. ‘’Kami memiliki tiga suku utama yaitu Sasak, Samawa, dan Mbojo, kami kaya akan budaya dan sejarah,’’ ujarnya.

Rohmi mengatakan, pantai indah terletak di setiap sudut NTB, menawarkan pantai pasir putih dan air sebening kristal yang dilengkapi dengan terumbu karang yang indah bagi para pengunjung. Dua gunung berapi bersejarah, Tambora dan Rinjani, menawarkan pemandangan indah serta peluang tak terbatas untuk belajar dan meneliti sejarah dunia ini. ‘’Kerajinan tangan dan potongan kain tenun yang indah kaya akan filosofi dan budaya. Dan inilah alasan mengapa saya bangga menyebutnya NTB adalah rumah kami,’’ ujarnya.

Baca juga:  Empat Jalur Pendakian Rinjani Dibuka

Karena itu, Wagub berharap setelah acara ini, delegasi APGN  bisa menikmati beberapa hari lagi untuk menjelajahi NTB. ‘’ Mulai dari Gili Trawangan hingga pantai-pantai eksotis di Mandalika, atau bahkan melarikan diri dan membenamkan diri dalam ketenangan Desa Sade,’’ Wagub berpromosi. (r)