Berkah Ramadhan, Pemprov NTB Gelontorkan Bantuan untuk KLU

Gubernur NTB H. Zulkieflimansyah menyerahkan bantuan pada Bupati KLU H. Najmul Akhyar saat Safari Ramadhan di Masjid Jami' Ikhwanul Muttaqin, Gondang, Kecamatan Gangga, Minggu, 12 Mei 2019. (Suara NTB/ist)

Tanjung (Suara NTB) – Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc  melanjutkan Safari Ramadhan 1440 H ke Kabupaten Lombok Utara (KLU).  Dalam kesempatan itu, gubernur bersama rombongan menyerahkan sejumlah bantuan bertempat di Masjid Jami’ Ikhwanul Muttaqin, Gondang, Kecamatan Gangga, Minggu, 12 Mei 2019 malam.

Gubernur dan rombongan diterima Bupati KLU, H. Najmul Akhyar dan pejabat OPD, pengurus masjid serta masyarakat Desa Gondang. Gubernur menyempatkan diri ikut Salat Tarawih bersama warga, kemudian diikuti tausyiah Ramadhan.

Untuk mendukung gerakan ‘’NTB Gemilang’’ Tahun 2019, Pemprov NTB melalui gubernur, menyerahkan sejumlah bantuan secara simbolis kepada Pemda KLU yang diterima langsung Bupati KLU Dr. H. Najmul Akhyar, SH., MH. Adapun sumber dan jumlah bantuan dana yang diterima yaitu, dari Baznas NTB sebesar Rp10.000.000, untuk Pembangunan Masjid Jami Ihwanul Muttaqien yang diserahkan kepada Ta’mir Masjid Jami Ihwanul Muttaqien. Kemudian dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi NTB sebesar Rp495.000.000, untuk mendukung program “NTB Gemilang” tahun 2019 yang diserahkan kepada Bupati Lombok Utara.

Baca juga:  Ramadhan Ajarkan Empati Sosial, Gubernur Santunani 1.015 Pasukan Kuning

Sementara dari Dinas Ketahanan Pangan Provinsi NTB, diserahkan bantuan sebesar Rp1.480.000.000, yaitu untuk pengembangan usaha pangan masyarakat, pemberdayaan pekarangan, pengembangan desa mandiri, dan pengembangan koperasi usaha tani.

Selain itu bantuan juga diberikan oleh Dinas Kesehatan Provinsi NTB sebesar Rp600.000.000, untuk pembangunan sarana jamban di lima desa yaitu Desa Pemenang Timur, Desa Jenggala, Desa Kayangan, Desa Sesait, Desa Mumbul Sari dan Desa Sukadana. Dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB sebesar Rp416.400.000, untuk sarana penangkapan ikan dan bedah UPI kepada kelompok nelayan.

Bantuan yang diterima oleh Pemerintah KLU tidak hanya dalam bentuk uang tetapi juga berupa barang yang diperuntukkan khusus untuk masyarakat Lombok Utara. Dari OPD Provinsi NTB bantuan yang diserahkan yaitu kain sarung dan Al Qur’an. Dari Dinas Sosial Provinsi NTB berupa sembako sebanyak 1.000 paket. Kemudian dari Dinas Pertanian Provinsi NTB berupa bibit tanaman buah sebanyak 200 bibit dan 1 paket fasilitas pengolahan coklat, dan dari Dinas Perdagangan Provinsi NTB berupa sembako sebanyak 50 paket.

Baca juga:  Toko Atribut Lebaran Diserbu Pengunjung

‘’Atas nama masyarakat Lombok Utara, saya menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran seluruh rombongan Safari Ramadhan Pemerintah Provinsi NTB. Bantuan Pak Gubernur sangat membantu,’’ ujar bupati.

Sementara itu, Gubernur NTB, Dr. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc., turut menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Lombok Utara yang telah menunjukkan kematangan dalam berdemokrasi, sehingga Pemilu serentak yang dilaksanakan pada tanggal 17 April lalu, bisa berjalan aman dan lancar.

‘’Alhamdulillah walaupun ada kekurangan, ada keterbatasan dan ketidaksempurnaan di NTB, proses Pemilu kita berjalan aman, lancar dan mudah-mudahan menghadirkan kebaikan untuk kita semua,’’ ucapnya.

Gubernur menambahkan, progres rehab rekon rumah warga selama tiga bulan terakhir sangat besar sekali. Hal tersebut bisa terwujud tidak lepas dari kerjasama seluruh warga, TNI dan Polri, serta Pemda Lombok Utara. ‘’Mudah-mudahan, rumah-rumah baru itu menghadirkan harapan baru untuk Lombok Utara yang lebih baik,’’ harap gubernur. (ari)