Jabatan Sekda NTB Segera Berakhir, Seleksi Tunggu Perintah Gubernur

Rosiady H. Sayuti. (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Masa jabatan Sekda NTB, Ir. H. Rosiady H. Sayuti, M. Sc, Ph.D akan segera berakhir. Sekda akan genap berusia 68 tahun atau memasuki masa purna tugas sebagai birokrat pada 8 Juni mendatang.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) NTB, Drs. H. Fathurrahman, M. Si yang dikonfirmasi Suara NTB, Senin, 13 Mei 2019 mengatakan, pihaknya masih menunggu arahan atau perintah dari gubernur terkait dengan seleksi terbuka jabatan Sekda NTB. Jika belum ada Panitia Seleksi (Pansel) yang dibentuk, sementara Sekda yang sekarang sudah berusia 58 tahun per 8 Juni 2019. Maka kemungkinan akan ditunjuk Pelaksana Tugas (Plt) Sekda NTB.

Baca juga:  Pemprov Rencanakan Mutasi Pejabat Pekan Depan

‘’Belum ada arahan. Kita masih menunggu, kalau itu butuh proses,’’ kata Fathurrahman.

Sesuai ketentuan, untuk pejabat yang akan menjadi Plt Sekda, kata Fathurrahman diusulkan oleh gubernur ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Karena saat ini belum ada Pansel yang dibentuk, maka kemungkinan Sekda NTB akan dijabat Plt.

‘’Kalau kejadiannya seperti ini tentu ada Plt Sekda. Usulannya tetap ke Kemendagri.  Tetapi biasanya dari pejabat Pemprov.  Usulan nama diajukan gubernur, kemudian disetujui Plt-nya oleh Mendagri,’’ terangnya.

Sejauh ini, kata Fathurrahman belum ada perintah untuk melakukan seleksi jabatan Sekda NTB. Termasuk seleksi dua jabatan pimpinan tinggi pratama (JPTP) yang kosong. Yaitu Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statsistik (Diskominfotik) dan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) NTB.

Baca juga:  Empat Dinas Baru Mulai Diajukan

‘’Nanti kita menunggu saja. Kalau ada proses seleksi, tinggal kita lakukan. Tinggal menunggu perintah beliau (gubernur),’’ tandas Fathurrahman.

Diketahui, Rosiady dilantik menjadi Sekda NTB oleh Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi  pada 1 Juni 2016 lalu. Sebelum menjadi Sekda, Rosiady sempat menduduki beberapa jabatan eselon II. Antara lain Kepala Bappeda NTB, Asisten I Setda NTB dan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) NTB. Sebelum menjadi birokrat Pemprov, Rosiady merupakan dosen di Universitas Mataram (Unram). (nas)