Polda NTB Klarifikasi Ulang Dana Porprov

Syamsudin Baharuddin (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Subdit III Tipikor Ditreskrimsus Polda NTB mematangkan penyelidikan dana Porprov X NTB tahun 2018. Penyidik mengagendakan klarifikasi Ketua KONI NTB untuk dimintai keterangan, Senin, 13 Mei 2019. Tapi yang bersangkutan tidak hadir.

Undangan klarifikasi Ketua KONI NTB, H. Andy Hadianto tersebut berkenaan dengan pengelolaan anggaran Porprov X yang totalnya sebesar Rp13,3 miliar. Sebab tak hadir, saksi tersebut bakal dijadwalkan permintaan keterangannya di hari lain.

Ya kita agendakan ulang,’’ kata Direktur Reskrimsus Polda NTB Kombes Pol Syamsudin Baharuddin.

Baca juga:  Dua Terdakwa Akali LPJ Program Jambanisasi Desa Bayan

Dia menambahkan, kasus tersebut masih dalam tahap penyelidikan. Setiap pihak yang dimintai keterangan tersebut untuk diklarifikasi.

‘’Yang KONI itu kan masih verifikasi. Iya (saksi-saksi) diminta datang. Lengkapnya tanya ke penyidik saja,” sebut Syamsudin.

Porprov NTB berlangsung pada 9-17 Desember 2018 lalu. Sumber anggaran pelaksanaannya diantaranya dari dana hibah APBD Perubahan Provinsi NTB tahun 2018 sebesar Rp10 miliar. Kemudian urunan anggaran dari pemerintah daerah.

Baca juga:  Kejati NTB Bidik Dana Penyertaan Modal di Kasus LCC

Urunan anggaran dari 10 kabupaten/kota mencapai Rp3,331 miliar. Pemkot Bima paling banyak menyumbang dengan Rp437,2 juta sampai yang paling kecil Rp125 juta dari Pemkab Lombok Utara.

Urunan tersebut ditentukan dengan jumlah atlet dan oficial, yang digunakan untuk akomodasi, konsumsi selama penyelenggaraan Porprov. Sementara dana hibah ditambah juga untuk insentif wasit. Penggunaan angggaran meliputi penyewaan venue dan pengadaan item pendukung kegiatan. (why)