Mantan TKW di Lotim Kembali Terpilih Jadi Anggota Dewan

Baiq Nurhasanah (Suara NTB/rus)

Selong (Suara NTB)  – Baiq Nurhasanah, mantan Tenaga Kerja Wanita (TKW) Arab Saudi ini kembali terpilih menjadi wakil rakyat Kabupaten Lombok Timur (Lotim). Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengklaim dirinya bisa terpilih lagi tanpa praktik politik transaksional. Sebanyak 3.005 pemilihnya pada Pemilihan Umum (Pemilu) 17 April 2019 lalu diyakini merupakan pemilih murni.

Hal ini disampaikan Baiq Nurhasanah menjawab Suara NTB, Jumat,  10 Mei 2019.

Ia menuturkan, pada pemilihan 2014 lalu ia hanya mengantongi 1.490 suara. Seirama dengan Pemilihan lima tahun lalu, ibu Baiq – sapaan akrabnya merupakan peraih suara terbanyak di dari seluruh calon anggota legislatif (caleg) PDIP dari Daerah Pemilihan (Dapil) satu meliputi, Selong, Suralaga, Sukamulia dan Labuhan Haji.

Keyakinannya, menjadi wakil rakyat itu harus mengedepankan kejujuran. Kepada para konstituen tidak membutuhkan terlalu banyak bicara, namun memberikan konstituen bukti atas segala keinginannya.

Acap kali dalam setiap pertemuan dengan konstituen, dirinya menghadirkan program-prorgam aspirasinya. Melalui aspirasi yang disampaikan inilah warga pemilih memandangnya sebagai calon yang bisa dipercaya lagi menduduki kursi wakil rakyat.

Ibu Baiq mencoba membagi pengalamannya saat setiap bertemu konstituen. Baginya, warga itu tinggal disambangi saja. Lakukan pendekatan secara persuasif kepada masyarakat melalui program reses dan dengarkan serta penuhi apa yang menjadi keinginan warga.

Cara itu dinilai sangat efektif. Butuh apapun warga bisa menanyakannya kepada wakilnya dan diyakinkan bisa segera dipenuhi melalui program aspiratif. Dengan demikian katanya, para pemilih tidak akan goyah meski dikasih uang.

“Saya sendiri tidak pernah memberikan uang,” ucapnya.

Kembali terpilihnya Ibu Baiq ini memperkuat posisi perempuan di kursi wakil rakyat. Diakui pertarungan politik perebutan kursi wakil rakyat cukup berat bagi kaum perempuan. Meski pun sebagai petahana, banyak juga yang diakui tumbang tidak bisa terpilih lagi.

Kembali terpilih sebagai srikandi dewan harapannya bisa memberikan warna dalam pengambilan segala keputusan hukum yang menjadi dasar pemerintah daerah melakukan kebijakan yang berkeadilan dan pro gender.

Disebutkan, tidak saja dirinya, PDIP merupakan partai paling banyak mendudukkan kader perempuannya sebagai anggota legislatif pada Pemilu 2019. Yakni Nirmala L Santi dan Marianah. Kabarnya ada juga caleg lain yakni dari Nasdem, atas nama Baiq Nurhasanah dan dari PBB atas nama Rabiatun. (rus)