Tangkap Peluang Sirkuit MotoGP, Direncananakan Pembangunan Akses Jalan Sekotong – Mandalika

H. Fauzan Khalid (Suara NTB/dok)

Giri Menang (Suara NTB) – Pemda merencanakan pembangunan akses jalan dari Sekotong menuju kawasan wisata Mandalika Lombok Tengah (Loteng) di tahun 2020. Rencana pembangunan jalan untuk akses sirkuit MotoGP yang rencananya dibangun tahun 2020 mendatang segera diusulkan pemda ke pemerintah pusat dalam hal ini Bappenas. Kepastian pembangunan jalan ini pun mendapatkan lampu hijau dari Bappenas, di mana nanti Pemda Lobar akan mendapatkan bantuan hibah khusus di luar DAK reguler.

“Menyambut itu (pembangunan sirkuit MotoGP red), awal tahun 2019 kita sudah usulkan pembangunan jalan di Buwun Mas Sekotong menuju Mandalika ke Bappenas. Dan berkali-kali kita mendapatkan komitmen dari Bappenas,” jelas Bupati Lobar H. Fauzan Khalid belum lama ini.

Bupati menjelaskan, setelah program bantuan Provincial Road Improvement and Maintenance (PRIM) (kerjasama dengan Australia) berakhir tahun ini, pemerintah pusat berkomitmen akan melanjutkan program ini dalam bentuk hibah khusus di luar DAK reguler untuk pembangunan jalan berkualitas. Pihaknya pun awal tahun ini sudah mengusulkan pembangunan jalan mulai dari Buwun Mas Sekotong. Kalau ini terealisasi, kata dia, maka sangat luar biasa infrastruktur jalan sirkuit MotoGP di Lobar.

Model bantuan ini, tambahnya, berbeda dengan PRIM. Kalau PRIM, menggunakan dana APBD dulu baru diganti oleh mereka 40 persen dari dana yang terpakai. 40 persen ini pun kata dia disesuaikan dengan tingkat persentase pemenuhan syarat kualitas menurut PRIM. Untuk proyek PRIM 2017-2018, ujarnya, mencapai 98 persen dan memenuhi syarat kualitas yang sudah ditetapkan mereka. “Yang menggembirakan ndak pakai uang kita, kalau PRIM pakai uang kita baru diganti 40 persen,” jelas Fauzan.

Dalam hal ini, tambahnya, komitmen Bappenas melanjutkan program pembangunan jalan berkualitas ini semacam penghargaan kepada pemda, karena pelaksanaan program PRIM sangat baik di Lobar. Di satu sisi kata dia, pembangunan jalan ini sangat penting mengingat untuk menunjang akses menuju sirkuit MotoGP  Mandalika. Sebab, kalau melaui akses jalan dari Lembar menuju jalur bandara cukup jauh, karena harus memutar.  Kalau dari Pelabunan Gili Mas – Buwun Mas menuju Mandalika bisa dihemat waktu lebih singkat. Namun, yang jadi pertanyaan adalah pembangunan akses dari Buwun Mas menuju Mandalika, karena bukan wilayah Lobar. “Itu kan bukan daerah kita, bisa nanti mungkin ditangani provnisi atau Loteng,” jelas dia.

Lebih jauh, kata dia, rencana pembangunan akses jalan ini sendri rencananya bisa dibangun tahun depan, sehingga bisa menunjang pembangunan sirkuit yang rencananya tahun dimulai tahun 2021. Yang pasti, ujarnya, menyambut sirkuit MotoGP ini Pemda Lobar harus siap. Di samping menyiapkan infrastruktur, pemda juga fokus menyiapkan produk lokal supaya bisa memenuhi kebutuhan pariwisata dan penyelenggaraan MotoGP, seperti produk olahan, telur.

Sementara itu Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Lobar Made Artadana mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan  rencana usulan pembangunan jalan Buwun Mas untuk mendukung MotoGP. ”Untuk Sekotong memang kita sedang usulkan pembiayaan hibah daerah dari pusat, itu memang syaratnya jalan-jalan di Lobar yang konektivitas dengan Mandalika,” jelas dia. (her)