Terkendala Jalan Rusak, Belasan Kotak Suara di Sekotong Rusak Akibat Diguyur Hujan

Ketua PPS desa sekotong tengah Samiin saat mengangkut logistik yang rusak akibat terkena hujan. (Suara NTB/ist)

Giri Menang (Suara NTB) – Belasan kotak suara rusak akibat terkena hujan saat pengangkutan menuju lokasi TPS di daerah pegunungan di wilayah sekotong tengah. Kondisi akses jalan yang buruk  sangat menyulitkan petugas PPS mengangkut logistik tersebut. Belasan kotak suara ini rusak sehingga dikembalikan oleh PPS ke KPU untuk diganti.  PPS mengeluhkan kualitas bahan kardus yang tak tahan air sehingga menyulitkan mereka untuk mengangkut saat hujan.

Ketua PPS Sekotong tengah, Samiin mengatakan, sebanyak  15 kotak suara yang diangkut menggunakan kendaraan bak terbuka rusak akibat terkena hujan.

“15 kotak suara dikembalikan karena hancur diterpa ujan angin,” jelas Samiin.

15 kotak suara ini kata dia diangkut menggunakan kendaraan bak terbuka dan ditutupi terpal.  Ketika proses pengangkutan dari lokasi penyimpanan di kantor desa sekitar pukul 12.30 cuaca cerah. Namun di tengah perjalanan hujan turun sehingga mengguyur logistik. Meskipun ditutupi terpal namun akibat angin yang kencang menerbangkan terpal sehingga air pun masuk ke dalam bak kendaraan tempat disimpan nya logistik. 15 kotak suara ini kata dia hendak diangkut ke TPS 18 dan 19 Serero dan TPS 24 di dusun Lebah suren. Dusun – dusun ini kata dia berada di pegunungan.  Disamping jarak yang jauh, kondisi akses jalan yang rusak parah juga menghambat pengangkutan Logistik ke daerah ini.  Untuk tiba ke lokasi perdusunan ini butuh waktu 1 jam.

Baca juga:  Imbauan Ulama NTB, Teguhkan Ukhuwah Islamiyah dan Ukhuwah Wathaniyah

“Perjalanan 1 jam karena kondisi jalan buruk,” keluh dia.

Ia mengeluh kondisi kardus sama sekali tak berkualitas.  Di desa sekotong tengah sendiri ada 5605 DPT dengan jumlah 33 TPS. Total kotak suara sejumlah 165 kotak suara dimana masing-masing TPS 5 kotak suara. Dari jumlah TPS ini memang beberapa TPS rawan berada di pegunungan seperti di dusun Serero 2 TPS, Lebah suren 2 TPS,  Loang batu 3 TPS dan Telor jago 2 TPS.

Baca juga:  Rekapitulasi Suara di Lotim Diwarnai Adu Data

“Ini yang paling rawan,” jelas dia. Menyikapi laporan PPS terkait kotak suara rusak ini,  pihak KPU lobar melalui komisioner KPU Amrullah langsung ke lokasi.  “Kami turun langsung ke lokasi (sekotong) ini,” jelas dia.  Kotak suara rusak kata langsung diganti menggunakan yang baru. (her)