Jelang Pencoblosan, KPU Sumbawa Pastikan Logistik Terdistribusi Aman

Aryati. (Suara NTB/ind)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumbawa memastikan logistik terdistribusi ke tempat pemungutan suara dengan aman. Di hari terakhir, Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, menuntaskan pendistribusian di wilayah terdekat yakni Kecamatan Sumbawa, Selasa, 16 April 2019.

Komisioner KPU Sumbawa, Aryati, S.Pd.I kepada wartawan mengakui pendistribusian logistik daerah tersulit yakni prioritas I, II dan III sudah diselesaikan. Begitupula kecamatan terdekat seperti Sumbawa juga dipastikan tuntas pendistribusiannya ke masing-masing PPS. “Alhamdulillah untuk daerah-daerah tersulit itu sudah terkirim.  Daerah seperti Mate Mega, Batu Lanteh dan lainnya konfirmasinya logistik sudah sampai. Artinya yang kita khawatirkan daerah terjauh ini sudah sampai. Tinggal kecamatan Sumbawa hari ini kita tuntaskan untuk ke masing-masing PPS. Insya Allah hari ini tuntas,” ujarnya.

Baca juga:  Sidak Rekapitulasi PPK, TNI dan KPU Temukan Petugas Kelelahan

Dijelaskannya, sampai saat ini pihaknya belum mendapat laporan adanya surat suara yang rusak akibat terkena air dan lainnya. Karena dalam pendistribusian logistik pihaknya menerapkan standar operasional. Di dalam kotak suara, logistik tetap dibungkus menggunakan plastik, sehingga logistik yang ada tetap aman jika misalnya terkena hujan.

“Kalau kita sampai saat ini belum ada laporan dari teman-teman, terkait kertas suara yang rusak atau yang terkena air. Karena memang kita menerapkan standar operasional untuk pendistribusian logistik. Logistik aman, penyelenggara siap, saya kira mantap sudah Pemilu kita besok,” terang Aryati.

Baca juga:  Pleno Tingkat Provinsi Dimulai, Empat Daerah Belum Rampung

Pihaknya juga sudah memberikan bimtek terhadap semua petugas KPPS terkait dengan pemungutan, perhitungan suara, hingga cara pengisian formulir C1 di TPS. Mereka pun siap melaksanakan tugasnya pada 17 April ini. Dalam hal ini pihaknya sudah menekankan kepada KPPS bahwa mereka adalah ujung tombak penyelenggaraan Pemilu.

“Yang kami tekankan, dari tahapan  Pemilu 2019 yang sudah kita laksanakan, ujung tombaknya ada di teman-teman KPPS. Mereka yang akan melayani pemilih pada hari Ha. Sehingga profesionalitas, integritas serta kemandirian menjadi syarat utama dan mutlak yang harus di miliki dan dipenuhi oleh Ketua dan anggota KPPS. Untuk mewujudkan pemilu kita  yang bersih dan berintegritas,” pungkasnya. (ind)