Kena Hujan, Sejumlah Kotak Surat Suara Rusak

Kondisi kotak surat suara pemilu yang rusak akibat terkena hujan saat pendistribusian. (Suara NTB/yon)

Selong (Suara NTB) – Sejumlah logistik untuk pemilu 2019 di Kabupaten Lombok Timur (Lotim) ditemukan rusak. Terutama untuk kardus penampung surat suara dan logistik lainnya. Kerusakan dipicu lantaran pada saat pendistribusian terkena hujan pada hari Minggu dan Senin kemarin. Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui persis berapa total kotak surat suara yang mengalami kerusakan berdasarkan catatan KPU Lotim.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Suara NTB, kerusakan kotak surat suara terjadi di Desa Masbagik Utara Baru, Desa Lendang Nangka, Desa Lendang Nangka Utara Baru dan di wilayah Kecamatan Terara dan Kecamatan Montong Gading. Rata-rata kerusakan akibat diguyur hujan lebat pada saat proses pendistribusian yang menggunakan truk dan hanya ditutup terpal seadanya.

Untuk surat suara dan logistik lainnya yang terdapat di dalam kotak, sejauh ini belum diketahui pasti apakah ada yang mengalami kerusakan atau tidak. Namun khusus untuk surat suara sudah terbungkus plastik untuk menjaga terkena air hujan.

Menanggapi hal tersebut, Ketua KPU Lotim, Dr. M. Junaidi, membenarkan terjadinya kerusakan kotak surat suara saat dilakukan pendistribusian. Akan tetapi untuk jumlah yang mengalami kerusakan tidak banyak dan masih dalam tahap identifikasi untuk keseluruhan yang mengalami kerusakan. “Kerusakan hanya satu dua di beberapa kecamatan. Kotak surat suara yang rusak itu juga sudah kita ganti,” jelasnya, Senin,  15 April 2019.

Dalam hal ini, ujarnya, pihaknya sudah mengantisipasi sejak awal kemungkinan terjadinya kerusakan logistik pemilu. Untuk itu, ujarnya di masing-masing kecamatan sudah didroping sebanyak 11 kotak surat suara pengganti kerusakan. Sementara untuk logistik yang terdapat di dalam kotak rata-rata aman, karena terbungkus plastik. “Surat suara beserta logistik yang terdapat di dalamnya tidak ada masalah,” terangnya.

Adapun untuk pendistribusian logistik pemilu ini masih berjalan sebagian besar logistik sudah tiba di tingkat desa. Hanya Kecamatan Selong dan Suralaga yang didistribusikan Senin kemarin. (yon)