Nama Perwira Polda NTB Dicatut, Diduga untuk Memeras Pejabat

Kasubdit III Tipikor Ditreskrimsus Polda NTB, Syarif Hidayat (Suara NTB/why)

Mataram (Suara NTB)  – Nama pejabat Polda NTB dicatut untuk menipu dan memeras di sejumlah instansi di NTB. Modusnya meminta uang dan tiket perjalanan. Penyidik sedang menelusuri para pelakunya, sekaligus meminta para pejabat waspada.

Salah satu korban adalah AKBP Syarif Hidayat, SH.,SIK, Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) III Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda NTB. Namanya dicatut dan dipakai memeras di sejumlah instansi.

“Ada oknum oknum yang mencatut nama saya ke pejabat pejabat instansi di NTB untuk meminta yang atau dalam bentuk tiket,” ungkap Syarif, kemarin.

Baca juga:  Dugaan Korupsi, Masyarakat Dapat Lapor ke ‘’NTB Care’’

Modusnya, kata Syarif, pelaku menghubungi pejabat instansi via ponsel dan meminta transfer uang atau dalam bentuk pembelian tiket. Terungkap, korban yang dirugikan dari salah satu instansi di Pemprov NTB. Korban langsung percaya dan mengirim uang sesuai permintaan.

“Setelah kita telusuri, terdeteksi pelakunya dari Pakanbaru,” ungkapnya. Korban lainnya salah satu instansi di Lombok Utara. Dipastikan Syarif, pelaku juga menyasar instansi lainnya dengan modus yang sama.

Baca juga:  Dugaan Korupsi, Masyarakat Dapat Lapor ke ‘’NTB Care’’

Saat ini pihaknya menyelidiki dan berusaha menangkap siapapun pelaku dibalik kejahatan tersebut. Sebab tidak menutup kemungkinan pelaku masih bergerilya mencari korban lain, juga mencatut nama pejabat Polda NTB lainnya.

Syarif mengimbau kepada pejabat, baik ditingkat kabupaten, kota dan provinsi, melaporkan ke pihaknya jika muncul modus yang sama. “Hubungi kami, klarifikasi kami dulu atau konfirmasi ke Kabid Humas, untuk meyakinkan bahwa itu bukan kami,” tegasnya. (ars)