Keluhkan Kualitas Informasi, UPT Perpustakaan Ummat Gelar “Online Research Skill”

Pemateri dan peserta pelatihan Online Research Skill dengan simbol salam literasi usai kegiatan. (ist)

Mataram (Suara NTB) – Upaya meningkatkan literasi informasi mahasiswa, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Mataram (Ummat) mengadakan kegiatan Online Research Skill belum lama ini. Kegiatan diikuti oleh mahasiswa dari program studi Diploma Tiga (D3) Perpustakaan dan mahasiswa dari program studi lain yang sedang menyelesaikan tugas akhir.

Dalam pelatihan Online Research Skill, menjadi pembicara Kepala Perpustakaan Ummat, Iskandar, S.Sos.,M.A  tentang “Trik dan Strategi Penelusuran Informasi Online”. Pembicara kedua Ridwan, S.IP.,MM selaku Divisi Teknologi Informasi Perpustakaan Ummat, materi “Manajemen Informasi”.

Iskandar menyampaikan, tujuan utama kegiatan tersebut sejatinya adalah untuk penguatan literasi informasi mahasiswa dan penguatan fungsi perpustakaan sebagai sentra penyedia informasi.

“Pelatihan ini kita adakan mengingat banyak keluhan mahasiswa yang selama ini  kesulitan untuk mencari dan mendapatkan informasi yang berkualitas sesuai dengan yang mereka inginkan di media online,”  ungkap Iskandar.

Iskandar menambahkan bahwa strategi penelusuran informasi yang efektif dan efisien melalui media online tersebut perlu dibekali pada diri mahasiswa yang ingin berkembang, terutama dalam literasi informasi.

“Kita bekali mahasiswa tentang langkah-langkah penelusuran informasi seperti mengidentifikasi konsep penting, mengidentifikasi kata kunci pencarian, mengembangkan formula penelusuran, dan menyaring hasil penelusuran,”  tambahnya.

Dalam kegiatan tersebut mahasiswa langsung melakukan praktek pencarian informasi, terutama dalam hal penentuan kata kunci atau subjek yang ingin di cari. Disamping itu mahasiswa juga diberikan pengetahuan tentang reference gratis yang tersedia di google, baik berupa e-book maupun jornal nasional dan international yang bisa di akses gratis.

Melihat tingginya animo mahasiswa yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut, UPT Perpustakaan Ummat berkomitmen untuk terus melaksanakan kegiatan yang sama sebagai bentuk pelaksanaan fungsi informasi dari perpustakaan. Berangkat dari kegiatan tersebut, perpustakaan Ummat juga akan membuka kelas bimbingan bagi mahasiswa yang kesulitan untuk mendapatkan informasi dalam penulisan laporan maupun tugas akhirnya.

“Kegiatan seperti ini akan menjadi kegiatan rutin kita dalam memfasilitasi dan mengedukasi mahasiswa terutama dalam hal pencarian dan pemanfaatan informasi,” pungkas Iskandar. (ars/*)