Jayaboard Restorasi Gedung Sekolah di Lombok Utara

(Kiri ke kanan) M. Tafaul Mujahidin, S.Pd.  (Kepala sekolah SMP 4 Sambik Bangkol sekaligus Kepala SDN 2 Sambik Bangkol Desa Sambik Bangkol Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok utara), Indra Budiman HR Director USG Boral – Jayaboard, M. Romi Saefudin (Ketua program ACT NTB). Moh. Ikhsan Jayadi (team ACT koordinator Recovery Pulau Lombok Pasca Gempa). (Suara NTB/ist/dok Jayaboard)

Jakarta (Suara NTB) – Pasca peristiwa gempa 6,4 SR dan 7,0 SR yang mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) Agustus 2018 lalu, menghancurkan infrastruktur, saluran perairan dan fasilitas publik, Sekolah Dasar Negeri (SDN) 04 Sambik Bangkol salah satunya.

Untuk itu, PT. Petrojaya Boral Plasterboard (USG Boral – Jayaboard) bekerja sama dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT) untuk merestorasi gedung sekolah permanen Sekolah Dasar Negeri (SDN) 04 Sambik Bangkol yang berlokasi di Kab. Lombok Utara.

HR Director USG Boral – Jayaboard, Indra Budiman, mengatakan, program CSR restorasi bangunan sekolah ini sejalan dengan visi perusahaan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

“Gedung sekolah tersebut kondisinya mengkhawatirkan karena 35 persen runtuh dan sisanya sangat tidak aman bagi siswa untuk kegiatan belajar. Pembangunan gedung sekolah permanen ini merupakan bentuk nyata kepedulian kami di tahap pemulihan pasca bencana agar proses belajar mengajar di lokasi bencana semakin pulih,” ujarnya usai melakukan seremoni peletakan batu pertama (groundbreaking) di Lombok Utara, Jumat, 29 Maret 2019.

Baca juga:  Bantuan Rehab Rumah Ditarik dari Korban Gempa

Indra menambahkan, pihaknya selain membangun kembali fisik sekolah bagi anak-anak Lombok, juga membangun kembali harapan dan cita-cita generasi penerus bangsa. “Restorasi gedung sekolah ini adalah cara kami menyemangati anak-anak di Lombok untuk dapat terus menimba ilmu di sekolah,” kata Indra, didampingi Ade Noor selaku HR Manager USG Boral – Jayaboard.

Restorasi gedung sekolah meliputi seluruh ruang kelas, ruang guru dan toilet. Proses pembangunan sekolah diperkirakan sekitar dua bulan terhitung sejak 18 Maret 2019 dengan target serah terima pada awal Mei mendatang.

Untuk kenyamanan dan keamanan para siswa dan guru, Jayaboard menerapkan sistem konstruksi plafon tahan gempa melalui penggunaan material papan gyptile JayaDura Condado, papan gypsum dengan finishing lapisan vinyl sehingga mudah dibersihkan dan tahan lama. Rangka plafon pada atap gedung menggunakan rangka metal JayaBMS exposed grid yang telah tersertifikasi lulus uji 3x safety factor.

Tentang USG Boral Indonesia – Jayaboard

Didirikan pada tahun 1993, Jayaboard® terus berinovasi membantu masyarakat Indonesia untuk membangun dengan lebih efektif, inofatif, dan ramah lingkungan. Selama bertahun-tahun, Jayaboard® juga telah menerima banyak penghargaan atas kontribusinya terhadap industri material bangunan.

Baca juga:  Tertibkan Aplikator, STIP Banyumulek Siapkan Sistem Informasi RTG

Di tahun 2014, PT Petrojaya Boral Plasterboard atau juga biasa dikenal sebagai Jayaboard®, secara resmi diakuisisi dengan joint venture diantara USG – perusahaan gypsum pertama dari Amerika Serikat, dan Boral – perusahaan material bangunan terbesar di Australia, menjadi USG Boral.

Di tahun 2016, USG Boral menerima 3 penghargaan dari penyelenggara penghargaan terbesar di industry gypsum, “Global Gypsum Awards 2016” sebagai:

  • Global Gypsum Company of the Year
  • Global Gypsum Plant of the Year – (Saraburi plant, Thailand)
  • Global Gypsum Product of the Year – Sheetrock Plasterboard

Pada tahun 2018 dan 2019, perusahaan ini juga dianugerahi Top Brand Award untuk 2 kategori, yaitu:

  • Plasterboard terbaik (Best plasterboard)
  • Plafon terbaik (Best Ceiling)

Jayaboard® berkomitmen untuk terus mengembangkan solusi dinding dan plafon dalam menjawab

kebutuhan masyarakat Indonesia akan produk premium berkualitas.