Ikuti Pelatihan Learning Management System, Ummat siap terapkan Pembelajaran Berbasis E-Learning

Mataram (Suara NTB) – Dalam rangka mengembangkan system pembelajaran, Universitas Muhammadiyah Mataram (Ummat) mengirim utusan untuk mengikuti kegiatan Regional Training Programme on Learning Management System (LMS) for Best Classroom Technology Integration di SEAMEO VOCTECH Regional Centre, Gadong, Brunei Darussalam. Ketua UPT PPTIK (Pusat Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi), Dr. Eng. Islamy Rusyda, ST.MT dutus bergabung dengan peserta dari Asia Tenggara lainnya.

Kegiatan ini berlangsung selama kurang lebih dua minggu dan diikuti oleh 22 orang perwakilan dari beberapa Universitas di Asia Tenggara seperti Indonesia, Brunei Darussalam, Malaysia, Singapura, Kamboja, Laos, Vietnam, dan Filipina yang sebagian besar sebagai tenaga pengajar.

“Kegiatan ini membahas pengenalan tentang E-Learning and Most Popular Digital Tool for Teacher and Student,” kata Humas Ummat, Dr. Hilman, Rabu (20/2).

Dalam pelatihan itu, para narasumber berbicara terkait fasilitas belajar mengajar secara online. Beberapa tema yang diangkat yaitu Technique for Facilitating Online Teaching and Learning Web conferencing and Webinar dan Introduction to learning management System (LMS).

Mengutip penjelasan Isamy Rusyda, bahwa diskusi menjadi lebih menarik karena beberapa peserta memaparkan implementasi pembelajaran di institusinya masing masing dan kendala- kendala yang dihadapi selama pelaksanaannya.

“Kegiatan ini menjadi lebih menarik karena peserta diajak untuk mengetahui lebih dalam terkait penerapan Learning Management System (LMS) di dua universitas terkenal di Bruneai Darussalam yaitu Universitas Brunei Darussalam dan Polytechnic Brunei”, imbuhnya.

Selain itu, peserta fokus pada workshop pembuatan dan pengelolaan bahan ajar. Peserta dikenalkan tentang penggunaan Moodle dan membuat akun di moodle cloud. Peserta juga diberikan penjelasan tentang New Trend for Open Distance Learning-introduction to MOOCs Introduction to ADDIE model dan overview of its components oleh dua orang instruktur yaitu Dr. Abbes Sebihi dan Arifin Bin Haji Yusof.

“Diakhir kegiatan peserta diwajibkan untuk membuat Group project presentationdan action plan sebagai oleh-oleh untuk negara masing-masing”, tambahnya.

Dalam menindaklanjuti hasil kegiatan ini, Rektor Ummat Dr. H. Arsyad Abd. Gani, M.Pd berkomitmen untuk mengembangkan Learning Management System (LMS) yang terintegrasi dengan teknologi informasi dalam kegiatan belajar mengajar.

“Ummat akan berupaya untuk melakukan pemerataan dan demokratisasi pendidikan serta memperluas akses pendidikan yang berbasis digital dan perkembangan teknologi dalam rangka memaksimalkan layanan smart campus,” jelasnya.(ars/*)