Tembakan Salvo Iringi Suasana Haru Pemakaman Sertu Anumerta Mirwariyadin

Upacara Pemakaman Sertu Anumerta Mirwariyadin

Bima (Suara NTB) – Isak tangis pecah keluarga besar menyambut kedatangan mobil jenazah Sertu Anumerta Mirwariyadin

di Desa Nipa Kecamatan Ambalawi Kabupaten Bima, Sabtu (9/3/) sekitar pukul 09.15 Wita. Suasana haru dan tembakan salvo mengiringi pemakaman di Tempat Pemakaman Umum (TPU) setempat. Almarhum disambut sebagai pahlawan.

Sertu Anumerta Mirwariyadin merupakan Bintara PK tahun 2014-2015 dan berdinas di satuan Kopassus, korban kontak tembak Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Distrik Mugi Kabupaten Nduga Papua pada Kamis (7/3) lalu.

Danrem 162/WB Kol. CZI Ahmad Rizal Ramdhani memimpin langsung pemakaman, setelah sehari sebelumnya menjadi inspektur upacara penyambutan jenazah di Lombok International Airport (LIA). Upacara pengantaran jenazah ke liang lahat berlangsung haru hingga dentuman tembakan salvo oleh anggota Kompi Senapan A Yonif 742 / SWY.

Sejumlah karangan bunga ucapan belasungkawa berdatangan menghiasi sepanjang jalan masuk rumah Anwar dan Nurmi, orang tua Sertu Anumerta Mirwariyadin. Usai jenazah dimandikan, keluarga besar bersama warga sekitar berdoa bersama untuk almarhum. “Almarhum kami sambut sebagai pahlawan, karena beliau gugur setelah mendarmabhaktikan jiwanya untuk NKRI,” kata Danrem.

Upacara itu disebutnya sebagai penghormatan dan penghargaan pada Sertu Anumerta Mirwariyadin hingga akhir hayatnya.

Sertu Anumerta Mirwariyadin dengan NRP 21150184631093, jabatan Babakduk unit 1/2/2/14 Grup 1 Kopassus. Wajar kemudian keluarga besar TNI, khususnya masyarakat NTB sangat kehilangan karena menurutnya prajurit Kopassus adalah orang orang pilihan dengan kemampuan lebih.

Menurutnya, semasa hidup Sertu Anumerta Mirwariyadin sudah mendarmabaktikan kepada masyarakat dan negara. Bahkan, saat bertugas Sertu Anumerta Mirwariyadin rela mempertaruhkan jiwa dan raganya untuk terciptanya keamanan dan ketertiban diwilayah NKRI, khususnya Papua dari KKB.

“Sertu Anumerta Mirwariyadin sudah menjalankan tugas dan mengabdikan dirinya untuk kepentingan negara, sampai mengorbankan nyawa. Mudah-mudahan amal ibadahnya diterima di sisi-Nya,” Danrem mendoakan almarhum.

Selain Danrem, turut hadir dalam upacara pemakaman tersebut, Dangrup 1 Kopassus Kolonel Inf Lucky Avianto, Dandim 1608 Bima Letkol Inf Bambang Kurnia Eka Putra, Bupati Bima Hj. Indah Damayanti Putri, Wakil Bupati Bima . Drs. H. Dahlan M. Noer. (ars)