Rute Perth – Lombok Kembali Dibuka

Gubernur NTB, H. Zulkieflimansyah (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Awal Maret 2019, penerbangan langsung Perth, Australia – Lombok kembali dibuka. Namun, penerbangan langsung Perth – Lombok tersebut akan dilayani maskapai AirAsia.

Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, SE, M. Sc mengatakan, pemerintah pusat terus berupaya menggenjot pertumbuhan sektor pariwisata. Tingkat kunjungan wisatawan mancanegara baik secara kualitas dan kuantitas terus digenjot.

Gubernur mengatakan, salah satu destinasi wisata di Indonesia yang diunggulkan selain Bali adalah Lombok. Sehingga perhatian pemerintah pusat cukup besar untuk pariwisata  Lombok, NTB.

‘’Salah satunya mulai awal Maret nanti akan ada penerbangan dari Perth Australia ke Lombok secara langsung. Kalau tidak salah pemerintah pusat mem-back up sekitar Rp15 miliar tahun 2019,’’ sebut gubernur di Mataram, pekan kemarin.

Baca juga:  Konektivitas Wilayah akan Buka Pertumbuhan Ekonomi Baru

Dukungan anggaran dari pemerintah pusat untuk pembukaan rute Perth – Lombok tersebut untuk membantu maskapai. Karena mereka membuka rute Perth – Lombok tentunya tak ingin rugi.

‘’Harus ada kepastian bahwa mereka perusahaan tak mau rugi juga. Itu dibantu oleh pemerintah pusat untuk block seat,’’ kata gubernur.

Tahun 2019, pemerintah pusat menargetkan angka kunjungan wisatawan ke NTB sebanyak 4 juta orang. Dengan rincian, 2 juta wisatawan domestik dan 2 juta wisatawan mancenagara.

Gubernur yang akrab disapa Doktor Zul ini mengajak masyarakat NTB mempersiapkan diri menjadi tuan rumah yang baik. Tuan rumah yang hangat dan memberikan rasa aman dan nyaman pada tamu-tamu yang akan berkunjung ke Lombok dan Sumbawa.

Baca juga:  Garuda Indonesia Gelar Sapa Pelanggan dan Kejutan Free Upgrade Kelas Bisnis

‘’Kita bangga bahwa tahun  2018 daerah kita adalah  tujuan utama destinasi wisata yang  bersahabat dan ramah untuk  keluarga,’’ katanya.

Doktor Zul mengatakan, pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata (Kemenpar) sangat serius membantu pariwisata NTB bangkit kembali. Dengan dukungan Kemenpar, penerbangan dengan harga terjangkau akan lebih banyak dari Jakarta  ke Lombok. Demikian juga dari Bali ke Lombok. (nas)